OPEC+ Pangkas Produksi dan Ekspor Besar-besaran, Harga Minyak Melonjak

Image title
19 Mei 2020, 08:13
OPEC+ Pangkas Produksi dan Ekspor Besar-besaran, Harga Minyak Melonjak
ANTARA FOTO/REUTERS/Stephanie McGehee
Ilustrasi, pedagang saham Kuwait terlihat di aula perdagangan pasar saham Kuwait Boursa di kota Kuwait, Kuwait, Senin (16/9/2019).

Harga minyak menguat pada pagi, hari ini (19/5). Harga komoditas ini juga menyentuh level tertinggi dalam dua bulan terakhir karena negara-negara pengekspor minyak dan Rusia (OPEC+), serta Amerika Serikat (AS) mulai memangkas produksi.

Berdasarkan data Bloomberg, Pukul 07.37 WIB, harga minyak jenis Brent untuk kontrak pengiriman Juli 2020 naik 2,50% menjadi US$ 35,68 per barel. Sedangkan, minyak jenis west texas intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Juni 2020 naik 4,43% ke level US$ 33,23 per barel.

Pada perdagangan kemarin, harga minyak jenis Brent menyentuh US$ 34,81, sementara WTI US$ 31,82 per barel. Level ini merupakan yang tertinggi sejak 11 Maret.

“Butuh dua bulan bagi WTI untuk bangkit dari keruntuhan pertemuan Maret,” kata Director of energy futures at Mizuho in New York Bob Yawger dikutip dari Reuters, Selasa (19/5). (Baca: Harga Minyak Naik, tapi Berpotensi di Bawah US$ 0/Barel Lagi pada Juni)

Pada paruh pertama Mei, OPEC+ telah memangkas ekspor minyak secara signifikan. Hal ini sejalan dengan kesepakatan OPEC+ memotong produksi 9,7 juta barel per hari mulai Mei.

Arab Saudi sebagai pengekspor utama minyak di dunia pun mengumumkan pada pekan lalu, pemangkasan akan ditambah 1 juta barel per hari pada Juni.

Perusahaan yang melacak aliran minyak Kpler mengatakan, ekspor minyak OPEC+ menurun 6,3 juta barel per hari selama sebulan terakhir, menjadi 27 juta barel per hari. “Ini pembalikan yang menakjubkan,” kata perusahaan.

Penurunan ekspor minyak Arab Saudi merupakan yang terbesar. Ekspornya turun 2,24 juta barel menjadi rata-rata 7,26 juta barel per hari. Sedangkan Rusia memangkas ekspor 922 ribu barel per hari pada Mei.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...