Nasabah KSP Indosurya Tulis Surat Terbuka Minta Bantuan Jokowi

Image title
20 Mei 2020, 10:59
Ilustrasi, uang rupiah. Nasabah KSP Indosurya menulis surat terbuka untuk Jokowi berisi curahan hati akibat dana tersangkut di investasi bodong serta meminta bantuan Presiden.
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Ilustrasi, uang rupiah. Nasabah KSP Indosurya menulis surat terbuka untuk Jokowi berisi curahan hati akibat dana tersangkut di investasi bodong serta meminta bantuan Presiden.

Mencoba jalan lain untuk mendapatkan haknya, nasabah KSP Indosurya Cipta menulis surat terbuka untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Surat yang diunggah dalam portal change.org Selasa (19/5) tengah malam ini, berisi curahan hati dan permohonan bantuan. Dalam surat terbuka tersebut, para nasabah KSP Indosurya menyuarakan kekesalannya terhadap kejadian yang menimpa mereka, yang mengakibatkan hilangnya dana berjumlah besar.

Advertisement

Selain itu, akibat kasus investasi bodong ini, banyak nasabah yang dilaporkan mengalami depresi, sakit, bahkan meninggal dunia karena tekanan berat yang dialami akibat tidak kembalinya dana.

Kejadian ini bermula saat para nasabah menyimpan dana dalam bentuk simpanan berjangka di KSP Indosurya. Menurut laporan keuangan per 31 Desember 2018, total simpanan yang berhasil dikumpulkan mencapai Rp 10 triliun. Jumlah tersebut meningkat pesat pada 2019, dengan perkiraan lebih dari Rp 14 triliun terkumpul.

"Tetapi sampai hari ini, laporan keuangan per 31 Desember 2019 yang diminta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) tak kunjung dipenuhi oleh KSP Indosurya," tulis surat tersebut, dikutip Rabu (20/5).

Puncaknya, pada Februari 2020, KSP Indosurya tidak bisa mencairkan simpanan nasabah dengan berbagai alasan. Para nasabah pun menduga bahwa ada indikasi fraud yang terencana sejak lama. Sebab, hingga saat ini tidak ada itikad baik dan pertanggungjawaban dari pemilik KSP Indosurya Cipta tentang ke mana raibnya dana nasabah.

Pemilik Indosurya Group pun disebut berniat cuci tangan, karena pernyataannya soal KSP Indosurya tidak masuk dalam bagian Group Indosurya. Padahal pada saat tim marketing koperasi menarik deposan, serta pada acara-acara acara-acara gathering, dijelaskan KSP Indosurya merupakan bagian dari Group Indosurya.

(Baca: Temui Beberapa Nasabah, KSP Indosurya Tawarkan Skema Pengembalian Dana)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement