Program Listrik Gratis Diperpanjang, Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Penulis: Sorta Tobing

20/5/2020, 13.21 WIB

PLN memastikan penyaluran diskon tarif dan listrik gratis untuk bulan ini berjalan lancar.

PLN, subsidi listrik, listrik gratis PLN, pln.co.id, listrik gratis 6 bulan, subsidi listrik diperpanjang, sri mulyani, jakarta, listrik gratis, listrik gratis, whatsapp pln 08122-123-123
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.
Ilustrasi. Program listrik gratis bagi pelanggan golongan 450 Volt Ampere (VA) diperpanjang hingga September 2020.

Program listrik gratis bagi pelanggan golongan 450 Volt Ampere (VA) diperpanjang hingga September 2020. Di waktu yang sama, pemerintah juga memberi diskon 50% bagi pelanggan 900 VA bersubsidi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, awalnya pemerintah hanya memberikan subsidi itu hingga Juni 2020. Dengan perpanjangan ini berarti akan ada dana kompensasi kepada PLN yang mencapai Rp 38,25 triliun. “Nantinya akan dibayarkan penuh kepada PLN tahun ini,” katanya dalam konferensi video, Senin (18/5).

PLN memastikan penyaluran diskon listrik untuk bulan ini berjalan lancar. Bagi pelanggan pascabayar, diskon listrik langsung mengurangi tagihan rekening listrik Mei 2020. Bagi 11,8 juta pelanggan prabayar, dapat mengakses situs www.pln.co.id atau layanan WhatsApp di nomor 09122-123-123 untuk mendapatkan token listrik gratis atau diskon.

(Baca: PLN Tugaskan Lagi Pencatat Meteran Listrik Meski Pandemi Belum Usai)

“Kami mengimbau seluruh pelanggan prabayar yang berhak mendapatkan stimulus ini dapat mengambil tokennya melalui website ataupun layanan Whatsapp yang telah disediakan,” jelas Executive Vice President Corporate Communcation and CSR PLN, I Made Suprateka.

Cara Dapatkan Listrik Gratis PLN

Pelanggan yang memilih mengakses situs resmi PLN dapat langsung menuju ke pilihan “Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon”. Isi ID pelanggan atau nomor meteran pada kolom “Identitas Pelanggan”. Klik tombol “Cari”. Token listrik gratis akan tampil pada kolom keterangan. Lalu, pelanggan dapat memasukkan angka yang tertera pada meteran.

Untuk akses melalui WhatsApp, caranya hubungi kontak PLN di nomor 08122-123-123, ketik “Lisrik Gratis”, kemudian tekan tombol kirim. Ikuti instruksi kolom chat balasan yang diberikan. Pelanggan cukup mengetik ID atau nomor meteran. Token listrik langsung terkirim kepada pelanggan dan tampil di layar. Token itu dapat langsung dipakai di meteran.

(Baca: Pemerintah Perpanjang Listrik Gratis Hingga September 2020)

PLN Prioritaskan Pelaporan Mandiri Pencatatan Meteran Listrik

PLN kembali menugaskan petugas pencatat meteran listrik dari rumah ke rumah pelanggan walaupun pandemic corona belum reda. Para petugas akan berpedoman pada protokol kesehatan pemerintah. Mereka juga memakai alat pelindung diri untuk mencegah penularan Covid-19.

Perusahaan setrum negara itu tetap menyiapkan layanan lapor stand meter mandiri melalui aplikasi WhatsApp di nomor 08122-123-123. Pelaporan mandiri ini dapat dilakukan oleh para pelanggan setiap tanggal 24 sampai 27 per bulan.

Pelaporan mandiri yang valid akan dijadikan prioritas utama dasar perhitungan rekening listrik. “Kami akan menggunakan laporan itu sebagai dasar perhitungan rekening, meskipun petugas catat meter mengunjungi rumah pelanggan,” ucap Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Sari.  

(Baca: Beban Pajak Membengkak, Laba Bersih PLN 2019 Anjlok 62,66%)

Reporter: Agatha Olivia Victoria dan Ratna Iskana

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan