Bukalapak Gaet GrabKios Salurkan Produk Digital di 5 Juta Agen Warung

Cindy Mutia Annur
28 Mei 2020, 21:28
Bukalapak Gaet GrabKios, Salurkan Produk Digital di 5 Juta Agen Warung.
Katadata/Cindy Mutia Annur
Yogi (33) salah satu mitra warung Bukalapak di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (21/8). Bukalapak dan GrabKios bekerja sama salurkan produk digital kepada ke sejumlah warung milik mitra Bukalapak.

Platform digital untuk pemberdayaan warung di Indonesia, Mitra Bukalapak dan GrabKios bekerja sama  penyediaan dan penyaluran produk digital di hampir 5 juta warung serta agen Mitra Bukalapak di seluruh Indonesia.Melalui kolaborasi ini, kedua pihak berharap  pemilik warung bisa terus mendapatkan penghasilan di tengah pandemi corona.

Chief Strategy Officer Bukalapak Teddy Oetomo mengatakan, perekonomian warung memiliki ripple effect yang cukup luas. Keberadaan warung, sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan warga sekitar dan hasilnya untuk pemenuhan kebutuhan keluarga mereka sendiri.

Advertisement

Di saat yang sama, stabilitas perekonomian mikro juga berkontribusi pada ketahanan perekonomian negara. "Sehingga kita perlu urun peduli dan pikiran untuk meningkatkan produktivitas serta kesejahteraan para juragan warung," ujar Teddy dikutip dari siaran pers, Kamis (28/5). 

(Baca: Bukalapak dan Shopee Ungkap Lonjakan Transaksi Selama Ramadan-Lebaran)

Pasalnya, para mitra warung Bukalapak pemasukannya kerap terdampak selama berlakunya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Seperti pemilik warung Mitra Bukalapak di Kemanggisan Jakarta Barat bernama Amat. Dia mengaku pendapatannya menurun akibat pandemi.

Meski demikian, fitur pembelian pulsa dan kirim uang justru meningkat cukup signifikan lebih dari 20%. "Mungkin karena orang-orang disuruh di rumah saja, tidak boleh mudik, jadi banyak (pelanggan) membeli pulsa buat telepon keluarga dan kirim uang ke kampung," ujarnya.

Begitu pula dengan juragan warung Mitra Bukalapak bernama Yanto. Dia mengaku pandemi corona telah menurunkan omzet warungnya hingga 40%.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement