Garuda Harap Dana Talangan dari Pemerintah Rp 8,5 Triliun Segera Cair

Image title
5 Juni 2020, 14:50
Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra menjadi narasumber diskusi bertema Semangat Baru Garuda di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Diskusi tersebut membahas langkah-langkah kedepan komisaris dan direksi baru dalam m
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk Irfan Setiaputra. Garuda Indonesia berharap dana talangan sebesar Rp 8,5 triliun cair cepat karena kondisi perusahaan saat ini sangat kritis.

PT Garuda Indonesia Tbk berharap proses pencairan dana talangan dari pemerintah, bisa lebih cepat. Rencananya maskapai penerbangan milik pemerintah itu mendapatkan Rp 8,5 triliun berbentuk pinjaman dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

"Dalam kondisi Garuda Indonesia saat ini, pada dasarnya yang paling penting adalah ketersediaan cash. Saya harap, prosesnya bisa cepat karena situasi hari demi hari sangat kritis," kata Direktur Utama Garuda Irfan Setiaputra dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (5/6).

Ia menambahkan, untuk mendapatkan dana talangan tersebut, Garuda Indonesia perlu sepakat dengan pemberi pinjaman, yaitu Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Kesepakatan yang dimaksud antara lain, jangka waktu pembayaran dan bunga yang ditetapkan.

Selain itu, Kementerian BUMN yang juga terlibat dalam proses ini, sepakat bahwa dana talangan tidak boleh digunakan untuk membayar utang.

"Sinyal utama yang sudah disampaikan, (dana talangan) ini tidak boleh diperuntukan membayar utang sukuk Garuda Indonesia," kata Irfan menambahkan.

(Baca: Ibadah Haji Dibatalkan, Pendapatan Garuda Hilang 10% Tahun Ini)

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...