Rugi Rp 189,8 Triliun, Anak Usaha SoftBank Akan PHK 500 Lebih Pegawai

Fahmi Ahmad Burhan
10 Juni 2020, 14:54
Rugi Rp 189,8 Triliun, Anak Usaha SoftBank Akan PHK 500 Lebih Pegawai
123RF.com/Tupungato
Ilustrasi, pejalan kaki melintas di salah satu gedung Softbank di Jepang.

SoftBank Vision Fund berencana melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) 15% atau 500 lebih pegawainya secara global. Langkah ini diambil setelah anak usaha investor Grab itu merugi 1,36 triliun yen atau sekitar US$ 12,6 miliar (Rp 189,8 triliun) pada tahun lalu.

Sumber Reuters yang mengetahui persoalan tersebut mengatakan, Kepala Vision Fund Rajeev Misra berencana memberhentikan 80 karyawan dalam beberapa hari terakhir. Perusahaan juga dikabarkan telah menyiapkan dana untuk melakukan PHK.

Advertisement

“Pemangkasan karyawan mungkin diumumkan segera setelah Rabu (10/6),” kata sumber, dikutip dari Reuters, Rabu (10/6). (Baca: Rugi Rp 189,8 Triliun, Anak Usaha SoftBank Gagal Dapat Pendanaan)

Sumber lain yang mengetahui masalah tersebut menyampaikan, Misra mencari cara untuk memangkas biaya hingga 20%. PHK menjadi salah satu caranya.

Namun, pegawai yang bekerja di divisi yang mendukung portofolio perusahaan kemungkinan juga diberhentikan. Sebanyak 18 orang dari kelompok ini diprediksi di-PHK.

Langkah tersebut merupakan upaya Vision Fund untuk mengembalikan fokus bisnis perusahaan, setelah merekrut sekitar 400 karyawan dalam tiga tahun terakhir. PHK ini juga sebagai upaya untuk memulihkan harga saham perusahaan secara cepat.

(Baca: CEO SoftBank Menyesal Investasi Ratusan Triliun di Startup Wework)

Sebagaimana diketahui, kerugian Vision Fund membuat induknya, SoftBank Group merugi US$ 8,9 miliar atau sekitar Rp 132 triliun untuk tahun fiskal 2019. Kerugian yang ditanggung investor Grab dan Tokopedia ini pertama kalinya terjadi dalam 15 tahun terakhir.

Kondisi tersebut membuat Vision Fund 2 pun gagal mendapatkan bantuan pendanaan dari investor. Oleh karena itu, Pendiri sekaligus CEO SoftBank Masayoshi Son menyampaikan akan menggunakan dana perusahaan induk untuk investasi.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement