Strategi KoinWorks Kelola Dana Menganggur dengan Gandeng Mandiri

Fahmi Ahmad Burhan
10 Juni 2020, 20:31
Strategi KoinWorks Kelola Dana Menganggur dengan Gandeng Mandiri
KoinWorks
Ilustrasi. KoinWorks meraih pendanaan seri B senilai S$ 16,5 juta atau sekitar Rp 170 miliar.

Derasnya aliran dana pemberi pinjaman ke beberapa perusahaan teknologi finansial atau fintech tak selalu dengan cepat bisa digulirkan. Akibatnya uang tersebut menganggur. Agar dana itu produktif, PT Lunaria Annua Teknologi menggandeng Mandiri Manajemen Investasi (MMI).

Bersama mitra barunya, perusahaan fintech pembiayaan yang dikenal dengan brand KoinWorks ini meluncurkan fitur otomatisasi di platform-nya. Melalui fitur tersebut, dana investasi mengendap milik pemberi pinjaman atau lender bisa disalurkan ke investasi reksadana di MMI.

Advertisement

Chief of Marketing Officer Koinworks Jonathan Bryan mengatakan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatur agar saldo kas lender pada akun fintech lending tidak diperbolehkan mengendap lebih dari dua hari. KoinWorks pun mencari cara agar saldo kas lender bisa dialihkan. “Kami berpikir keras dan menemukan integrasi yang sangat baik,” kata Jonathan dalam video conference pada Rabu (10/6).

(Baca: Fintech KoinWorks Dapat Pendanaan Rp 316 M meski Ada Pandemi Corona)

KoinWorks lantas membuat fitur yang memungkinkan lender bisa menginvestasikan dana mengendapnya secara otomatis dalam bentuk instrumen reksadana pada produk Mandiri Investasi Pasar Uang 2 (MIPU 2). Saat ini proyek tersebut sudah berjalan sehingga pemberi pinjaman tidak perlu mengecek satu persatu.

Apabila lender hendak melakukan pendanaan, dana mereka dapat langsung digunakan tanpa perlu mencairkan reksadana terlebih dahulu. Kepemilikan unit reksadana secara otomatis berkurang sesuai dengan jumlah dana yang disalurkan.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement