Agar Lebih Transparan, PLN Bakal Buat Sistem Pencatatan Digital

Image title
11 Juni 2020, 18:40
PLN, digital, teknologi, listrik
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/aww.
Ilustrasi, pekerja beraktivitas di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (Gitet) di Kota Kediri, Jawa Timur, Rabu (8/4/2020). PT PLN (persero) bakal membuat aplikasi digital untuk memudahkan pelanggan mencatat meteran listrik.

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN bakal mengadopsi teknologi digital untuk mencatat meter listrik. Hal itu untuk menghindari kesalahan hitung tagihan listrik pelanggan.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan perusahaan telah mendapatkan arahan dari pemerintah untuk membangun sistem digital. Pihaknya pun berencana membuat aplikasi bertajuk PLN New Mobile agar pelanggan bisa membaca meter secara mandiri.

"Aplikasi ini seperti Gojek, memudahkan pelanggan untuk memasukkan foto meteran ke dalam sistem," ujar Bob dalam diskusi virtual yang digelar Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) pada Kamis (11/6).

Selain itu, PLN bakal membuat sistem meter listrik dua arah yang terhubung langsung dengan PLN. Sistem tersebut sudah diuji coba di Bogor. "Ke depannya akan kami uji coba lagi ke daerah lain," katanya.

(Baca: Tagihan Listrik Melonjak, PLN Terima Sekitar 65 Ribu Aduan Pelanggan)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...