Bos Pertamina akan Prioritaskan Subholding Hulu IPO Lebih Dulu

Image title
15 Juni 2020, 17:42
ipo subholding pertamina, nicke widyawati, pertamina hulu energi
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menyampaikan akan memprioritaskan IPO subholding hulu yang saat ini diserahkan kepada PT Pertamina Hulu Energi.

PT Pertamina (Persero) tengah bersiap agar subholding perusahaan dapat segera melantai di bursa saham. Adapun, salah satu subholding yang diprioritaskan untuk segera IPO yakni subholding hulu yang operasionalnya dipegang oleh PT Pertamina Hulu Energi.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, mengatakan rencana IPO di bursa saham mempertimbangkan kebutuhan pendanaan perusahaan dalam mengembangkan potensi bisnis di sektor hulu.

Nicke mencontohkan pada pada pengelolaan Blok Rokan. Menurut dia, Pertamina membutuhkan mitra dalam mengelola Blok Rokan pasca alih kelola dengan Chevron pada 2021 rampung.

"Contoh untuk Rokan ketika ditetapkan sebagai pemenang, Pertamina harus berpartner. Jadi Pertamina harus melepas sebagian PI (participating interest), jadi kita kan lakukan itu," ujar Nikce dalam diksusi via streaming, Senin (15/6).

(Baca: Target Erick Thohir ke Nicke Widyawati: IPO 2 Anak Usaha Pertamina)

Di samping itu, menurut Nicke dengan melakukan IPO maka banyak aset hulu yang dapat terus dikembangkan. Apalagi mengingat dalam proses pengembangan di sektor hulu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

"Karena nanti 60% investasi di Pertamina untuk hulu karena tren migas cenderung menurun, jadi kita akan akuisisi hulu," ujar dia.

Menurut Nicke pembentukan subholding hulu juga bertujuan supaya aset per regional dapat terintegrasi secara keseluruhan. Hal ini dilakukan sebagai langkah efisiensi perusahaan dalam mengembangkan blok migas di setiap wilayah.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...