Facebook Pecat Karyawan Pengkritik Zuckerberg Terkait Unggahan Trump

Cindy Mutia Annur
15 Juni 2020, 12:05
Facebook Pecat Karyawan Pengkritik Zuckerberg Terkait Unggahan Trump
Erin Scott / ZUMA Wire / dpa
Polisi Capitol AS mengawal CEO Facebook Mark Zuckerberg (tengah). Seorang karyawan Facebook dipecat lantaran mengkritik sikap pembiaran Zuckerberg terkait unggahan Donald Trump.

Facebook melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap seorong karyawannya usai mengkritik pendiri perusahaan, Mark Zuckerberg. Kritik itu disampaikan karena Zuckerberg dianggap membiarkan unggahan kontroversial Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terkait gerakan Black Lives Matter kematian George Floyd.

Karyawan tersebut adalah Brandon Dail, seorang Interface Engineer Facebook di Seattle, AS. Dirinya menulis di Twitter bahwa telah dipecat lantaran memarahi koleganya yang secara terbuka menolak mendukung gerakan Black Lives Matter.

Advertisement

(Baca: Facebook hingga Twitter Diminta Lapor soal Hoaks Corona ke Uni Eropa)

Dikutip dari The New York Times, akhir pekan lalu (13/6), Dail mengirim cuitan itu sehari setelah bergabung dengan puluhan karyawan lainnya, termasuk enam insinyur lain di timnya. Mereka 'mogok' bekerja sebagai aksi protes terhadap sikap Zuckerberg yang tetap membiarkan unggahan kontroversial Trump tetap tayang di Facebook.

"Kami sengaja tidak membuat pernyataan, ini sudah bersifat politis," ujar Dail dalam cuitannya pada 2 Juni lalu.

Facebook telah mengkonfirmasi tentang pemecatan Dail, namun menolak untuk memberikan informasi tambahan. Perusahaan mengatakan bahwa selama pemogokan kerja berlangsung, karyawan yang berpartisipasi tidak akan mendapatkan hukuman.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement