Ditolak DPR, Menteri ESDM Terpaksa Revisi Kembali Anggaran Tahun Ini

Image title
23 Juni 2020, 18:31
dpr, esdm, anggaran, apbn
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Menteri ESDM Arifin Tasrif saat Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR di Jakarta, Senin (27/1/2020). DPR menolak usulan anggaran Kementerian ESDM pada tahun ini.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM harus menyusun kembali APBN Perubahan 2020. Pasalnya, anggota Komisi VII DPR RI menolak usulan revisi anggaran kementerian tersebut tahun ini

Anggaran Kementerian ESDM awalnya sebesar Rp 9,66 triliun. Kemudian, diusulkan dipangkas menjadi Rp 6,21 triliun untuk penanganan Covid-19.

Advertisement

Beberapa proyek yang anggarannya dipangkas di antaranya pengeboran sumur air tanah, konverter kit, dan konversi minyak tanah ke elpiji untuk nelayan dan petani. Namun, hal tersebut menuai kritik dari wakil rakyat.

Menurut anggota dewan, proyek-proyek tersebut seharusnya tetap berjalan karena bermanfaat bagi rakyat. Pemangkasan anggaran seharusnya diprioritaskan pada program perjalan dinas. 

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial menyatakan pihaknya bakal menyisir kembali proyek-proyek dan program-program yang tidak efisien. Dia berharap Kementerian ESDM bisa segera menyelesaikan APBNP 2020 secepat mungkin.

"Kami akan merevisi lagi anggaran kami terutama yang bisa diefisiensikan. Misalnya, perjalanan dinas dan hal-hal lain yang bisa ditunda tahun depan," ujar Ego pada Selasa (23/6).

(Baca: DPR Tolak Keputusan Menteri ESDM Hapus Proyek Konverter Kit Tahun Ini)

Lebih lanjut, Ego meminta anggota DPR bersedia memberikan waktu kepada Kementerian ESDM untuk menyusun kembali anggaran untuk tahun ini. "Besok pagi kami bisa datang dengan proposal, beberapa banyak penyisiran kami dan mana yang bisa dihidupkan kembali. Misalnya, sumur bor tetap akan kami laksanakan," kata dia.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement