Transaksi Saham Sesi I Hanya Rp 2,7 Triliun, IHSG turun 0,83%

Penulis: Ihya Ulum Aldin

Editor: Happy Fajrian

29/6/2020, 12.42 WIB

Seluruh indeks sektoral terkoreksi menekan IHSG, dipimpin oleh sektor aneka industri yang merosot paling dalam sebesar 2,46%.

ihsg sesi i, ihsg hari ini, transaksi saham sepi
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
IHSG sesi I awal pekan ini, Senin (29/6), turun 0,83% ke level 4.863,14. Perdagangan saham di bursa berlangsung sepi dengan nilai transaksi hanya mencapai Rp 2,7 triliun.

Indeks harga saham gabungan atau IHSG turun hingga 0,83% menyentuh level 4.863,14 pada perdagangan sesi pertama awal pekan ini, Senin (29/6). Laju indeks terjadi di tengah sepinya transaksi saham hingga siang ini.

Total nilai transaksi di Bursa Efek Indonesia sejauh ini hanya senilai Rp 2,72 triliun yang berasal dari transaksi 4,02 miliar unit saham. Secara total. ada 291 saham yang bergerak turun, sedangkan hanya ada 100 saham yang naik, sementara 128 saham stagnan.

Adapun, beberapa saham yang menjadi pendorong pelemahan indeks pada sesi satu ini yang tercatat sebagai top losers berdasarkan RTI Infokom, seperti PT Transcoal Pacific Tbk (TCPI) yang turun 5,61% menjadi Rp 5.050 per saham.

Selain itu ada saham PT Astra International Tbk (ASII) yang juga turun 2,86% menjadi Rp 4.760 per saham. Saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) juga menjadi salah satu jajaran saham yang turun yaitu 2,6% menjadi Rp 4.870 per saham.

(Baca: IHSG Diprediksi Koreksi Dipicu Ramalan IMF hingga Kasus Baru Corona)

Berdasarkan sektornya, sektor aneka industri turun 2,46%, paling besar di antara seluruh sektor yang juga berada di zona merah. Selain saham ASII yang tergabung di sektor ini, saham PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL) bergerak turun 2,59% menjadi Rp 188 per saham.

Selain itu, saham sektor properti juga menjadi yang turun drastis hari ini yaitu 1,98%. penurunan ini terjadi karena saham PT Pollux Properti Indonesia Tbk (POLL) yang memiliki nilai kapitalisasi pasar terbesar, turun 3,64% menjadi Rp 5.950 per saham.

Investor asing pada perdagangan awal pekan ini tercatat masih melakukan penjualan pada portofolio sahamnya sehingga jual bersih (net sell) di pasar reguler hingga Rp 270,32 miliar. Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) dilepas asing hingga Rp 61 miliar.

Meski demikian IHSG tidak sendirian terkoreksi, pasalnya seluruh bursa saham di kawasan Asia siang ini turun cukup dalam. Indeks Nikkei 225 Jepang memimpin koreksi bursa Asia sebesar 2,02%, diikuti indeks Kospi Korea Selatan sebesar 1,76%, lalu indeks Hang Seng Hong Kong turun 1,14%, Straits Times Singapura merosot 1,07%, serta indeks Shanghai Tiongkok turun 0,64%.

(Baca: Masalah Pembatasan Penarikan Dana Usai, Saham Bank Bukopin Lompat 7,1%)

Reporter: Ihya Ulum Aldin

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha