Pesawat Garuda Tujuan Jakarta Keluar Landasan di Bandara Hasanuddin

Image title
1 Juli 2020, 22:26
garuda indonesia, pesawat garuda keluar landasan, bandara sultan hasanuddin makassar
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi pesawat Garuda Indonesia.

Pesawat Garuda Indonesia keluar landasan saat hendak lepas landas atau take off di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, pada Rabu (1/7) malam.

Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Handy Heryudhitiawan mengatakan, pesawat GA613 rute Makassar (UPG) - Jakarta (CGK) yang mengalami insiden tersebut bertipe Airbus 330-300 dengan nomor registrasi PK-GHD. Pesawat tidak mengalami kerusakan berarti.

Advertisement

Pesawat ini membawa 14 penumpang dan 12 kru pesawat. Seluruh penumpang dan kru pesawat tersebut sudah dievakuasi ke terminal. Hingga pukul 21.00 WITA, pesawat masih berada di runway atau landasan pacu 21 dan tengah diupayakan untuk dipindahkan oleh mobil pendorong (towing car).

"Berkat kesigapan personel AMC dan ARFF Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, insiden ini segera dapat ditangani, dan penumpang langsung dievakuasi. Insiden ini tidak berdampak terhadap operasional penerbangan selanjutnya karena Bandara Sultan Hasanuddin memiliki dua runway," ujar Handy dalam siaran persnya.

(Baca: Pendapatan Anjlok 30%, Garuda Merugi Lagi Rp 1,7 Triliun di Kuartal I)

Saat ini masih dilakukan investigasi untuk mengetahui penyebab insiden ini. Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara Sultan Hasanuddin Makassar tengah berkoordinasi dengan stakeholder terkait, terutama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk memastikan tindak lanjut penanganan insiden pesawat tersebut.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat insiden pesawat Garuda Indonesia ini. Angkasa Pura I senantiasa mengutamakan kenyamanan pengguna jasa bandara, termasuk ketika dalam kondisi gangguan operasional penerbangan," ujar Handy.

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement