Shell Bakal Hengkang, Pertamina Masih Minat Masuk Proyek Blok Masela?

Image title
7 Juli 2020, 15:31
pertamina, shell, blok masela, migas
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi, logo Pertamina. Perusahaan pelat merah belum memutuskan membeli hak partisipasi Shell di Blok Masela.

Shell Upstream Overseas Ltd berencana hengkang dari Blok Masela. Pertamina pun disebut-sebut berminat masuk ke proyek strategis nasional tersebut.

Apalagi Pertamina sempat mengirimkan dua kali surat penawaran kepada Inpex Corporation selaku operator Blok Masela. Surat pertama dikirimkan pada 2011 dan surat kedua pada 2016.

Advertisement

Kala itu, Direktorat Hulu Pertamina dipimpin oleh Syamsu Alam. Syamsu sempat menyebut bahwa Pertamina ingin masuk ke Blok Masela melalui skema pembelian hak partisipasi atau farm in. Saham yang diincar Pertamina minimal 20%.

Perusahan pelat merah itu tertarik membeli hak partisipasi Blok Masela karena memiliki cadangan gas yang besar. Cadangan dari blok tersebut bisa dimanfaatkan perusahaan untuk memasok kebutuhan gas domestik yang diproyeksi defisit pada 2023.

Namun, penawaran Pertamina ditolak oleh Inpex. Dengan keluarnya Shell dari Blok Masela, apakah Pertamina masih berminat memiliki hak partisipasi di blok migas tersebut?

(Baca: Jika Shell Hengkang, Pengembangan Blok Masela Butuh Restu ESDM Lagi)

Director of Strategic Planning & Business Development Pertamina Hulu Energi (subholding hulu) John H. Simamora mengatakan pihaknya belum bisa berkomentar banyak terkait Blok Masela. Pasalnya, perusahaan tengah fokus menyelesaikan restrukturisasi subholding hulu Pertamina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement