Saham-saham Bank Beterbangan, IHSG Sesi I Naik 1,3% ke 5.051,92

Image title
8 Juli 2020, 13:09
ihsg hari ini, ihsg sesi i, saham perbankan,
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
IHSG sesi I naik 1,3% ke level 5.052,93 ditopang saham-saham perbankan yang naik signifikan.

Indeks harga saham gabungan atau IHSG mengakhiri perdagangan sesi I Rabu (8/7) naik 1,3% menyentuh level 5.052,92. Kenaikan indeks ditopang oleh saham-saham perbankan, dengan sektor finansial melesat hingga 2,67%.

Saham-saham perbankan yang naik signifikan sebut saja saham Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang naik 2,67% di Rp 30.750 per saham, atau saham Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) yang melesat hingga 4,62% di Rp 3.170 per saham.

Advertisement

Begitu juga dengan saham Bank Mandiri Tbk (BMRI) yang melejit 3,96% menjadi Rp 5.250 per saham. Lalu, Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) naik 3,26% di Rp 4.750 per saham, Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) lompat 7,76% di Rp 1.320 per saham.

Selain itu, saham Bank Pembangunan Daerah (BPD) juga ikut menopang penguatan sektor finansial. Seperti BPD Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) yang naik 3,43% di Rp 905 per saham dan saham BPD Jawa Timur Tbk (BJTM) juga naik 2,75% di Rp 560 per saham.

(Video Bicara Data: Celah Berinvestasi di Masa Krisis Covid-19)

Direktur PT Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan bahwa salah satu sentimen positif untuk sektor perbankan datang dari komitmen pemerintah dalam membantu likuditas perbankan dengan menempatkan sejumlah dana di perbankan.

Terbaru, Kementerian Keuangan tengah mengkaji wacana penempatan dana bernilai triliunan kepada BPD. Kabarnya, ada empat BPD yang bakal menerima dana tersebut yaitu BPD Jawa Barat dan Banten (Bank BJB), BPD Jawa Timur (Bank Jatim), Bank DKI, dan BPD Jawa Tengah (Bank Jateng).

Rencana tersebut menyusul keputusan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang memindahkan dana sebesar Rp 30 triliun dari bank sentral ke bank Himbara, yaitu BRI, BNI, Bank Mandiri, dan BTN.

"Bantuan dana ke BPD itu juga bagus," kata Hans kepada Katadata. Pasalnya, kehadiran PBD bisa berperan langsung kepada bisnis di daerah. "Jadi, kalau dibantu, menjadi sentimen positif untuk pertahan terakhir daerah," katanya.

(Baca: Rumor dan Prospek di Balik Lonjakan Harga Saham Bank Jago Hampir 300%)

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement