Trump Berencana Blokir, Tiktok: CEO Kami Berasal dari AS

Cindy Mutia Annur
9 Juli 2020, 11:06
trump, tiktok, amerika serikat, tiongkok
123RF.com/Alexey Malkin
Ilustrasi, aplikasi video musik pendek TikTok. Presiden Amerika Serikat Donald Trump berencana memblokir aplikasi Tiktok yang berasal dari Tiongkok.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berencana memblokir aplikasi video pendek TikTok. Hal itu dipicu ketegangan hubungan AS dan Tiongkok.

Padahal, perusahaan besutan ByteDance itu memiliki CEO dari Negeri Paman Sam. "TikTok dipimpin oleh CEO (asal) Amerika, dengan ratusan karyawan dan pemimpin 'kunci' di seluruh keselamatan, keamanan, produk, dan kebijakan publik di AS," ujar juru bicara TikTok dikutip dari TheVerge, Rabu (8/7).

Perusahaan mengatakan bahwa mereka tidak memiliki prioritas yang lebih tinggi selain mempromosikan keselamatan dan keamanan produk untuk pengguna Tiktok. "Kami juga tidak pernah memberikan data pengguna kepada pemerintah Tiongkok, kami juga tidak akan melakukannya jika diminta," ujar juru bicara tersebut.

Pernyataan TikTok itu muncul setelah Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan bahwa negaranya sedang mempertimbangkan larangan bagi aplikasi media sosial Tiongkok. Aplikasi tersebut dianggap berbahaya.

"Untuk menghormati orang-orang yang menggunakan aplikasi Tiongkok di ponsel mereka, AS bakal (mempertimbangkan) hal ini dengan tepat," ujar Pompeo. 

Selama beberapa tahun terakhir, anggota parlemen AS khawatir tentang penanganan data pengguna TikTok. Parlemen juga khawatir mengenai hubungan antara perusahaan induk TIktok, ByteDance yang berbasis di Beijing, dengan pemerintah Tiongkok. Anggota parlemen AS menuduh bahwa TikTok dapat 'ditekan' untuk menyerahkan data atau intelijen lainnya kepada Partai Komunis Tiongkok.

(Baca: Dilarang di India, TikTok Kehilangan 200 Juta Pengguna & Rugi Rp 87 T)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...