Diduga Manipulasi Laporan Keuangan, Akuntan Publik Waskita Bermasalah

 Zahwa Madjid
6 Juni 2023, 18:55
Diduga Manipulasi Laporan Keuangan, Akuntan Publik Waskita Bermasalah
Katadata
Waskita Karya

Emiten konstruksi BUMN, PT Waskita Karya Tbk (WSKT) diduga melakukan manipulasi laporan keuangan. Kepala Eksekutif Pengawasan Pasar Modal, Keuangan Derivatif dan Bursa Karbon OJK Inarno Djajadi, mengatakan saat ini regulator tengah melakukan penelaahan lebih lanjut mengenai temuan tersebut. 

“Kami sedang melakukan pengkajian (laporan keuangan) Waskita Karya dan Wijaya Karya, dan kita belum bisa menyatakan ada fraud. Masih dalam penelaahan pelanggaran-pelanggaran, pasti ada yang akan kita lakukan sesuai dengan pengaturan yang berlaku,” ujar Inarno dalam konferensi pers OJK secara virtual, Selasa (6/6).

Direktur Eksekutif IAI, Elly Zarni Husin menjelaskan untuk mencegah terjadinya kecurangan, penanggungjawab laporan keuangan pada suatu korporasi atau entitas mestinya memiliki sertifikat Chartered Accountant (CA) Indonesia.

Elly menjelaskan, kasus-kasus kecurangan laporan keuangan sebelumnya banyak terjadi karena rata-rata laporan keuangannya disusun bukan oleh akuntan profesional. Mereka tidak mengerti dan memahami perlakuan, pengukuran dan penyajian laporan keuangan.

“Apalagi dinamika standar akuntansi keuangan yang menjadi acuan dalam penyusunan laporan keuangan juga sangat dinamis," kata Elly kepada Katadata.co.id, Selasa (6/6). 

"Sehingga orang-orang yang terlibat dalam proses penyusunannya haruslah orang yang memiliki sertifikasi profesi dan bernaung di asosiasi profesi yang akan selalu dijaga kompetensinya melalui kegiatan pendidikan profesional berkelanjutan dan mematuhi kode etik dan standar profesi." 

Merujuk pada keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, sejak 2021 lalu Waskita Karya menggunakan jasa kantor akuntan publik Kosasih, Nurdiyaman, Mulyadi, Tjahjo, dan rekan.

Namun, pada Februari tahun ini, perusahaan akuntan publik (KAP) Kosasih, Nurdiyaman, Multadi, Tjahjo & Rekan, yang juga anggota dari Crowe Horwath International dicabut tanda izin terdaftarnya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Halaman:
Reporter: Zahwa Madjid
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...