Luhut Buka Peluang Blok Rokan Dikelola Bersama Pertamina dan Chevron

Anggita Rezki Amelia
26 Juli 2018, 21:25
Luhut Binsar Pandjaitan
Katadata
Menteri Koordinator Maritim Luhut Binsar Pandjaitan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan membuka peluang pengelolaan Blok Rokan di Riau dilakukan secara bersama antara PT Chevron Pacific Indonesai dan PT Pertamina (Persero). Ini mengingat kedua menyatakan berminat mengelola blok itu setelah kontrak berakhir 2021.

Menurut Luhut hal itu bisa terjadi karena pengelolaan Blok Rokan masih dalam proses evaluasi. "Pertamina dan dia (Chevron)kan bisa saja kerja sama," kata dia di Jakarta, Kamis (26/7).

Pengelolaan bersama itu juga dimungkinkan secara peraturan. Pengelolaan blok minyak dan gas bumi yang akan berakhir kontraknya ini diatur dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 23 tahun 2018.

Dalam aturan itu ada beberapa skema dalam menentukan pengelolaan blok berakhir. Pertama, memberikan perpanjangan kepada kontraktor eksisting. Kedua, diberikan kepada Pertamina. Ketiga, pengelolaan bersama Pertamina dan eksisting. Keempat, lelang.

Chevron selaku kontraktor eksisting sudah mengajukan perpanjangan kontrak Blok Rokan ke Menteri ESDM melalui SKK Migas pada Jumat (20/7). Setelah mengajukan surat itu, Chevron terus menjalin komunikasi dengan pemerintah, salah satunya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Dalam pekan ini petinggi Chevron sudah dua kali menghadap Luhut. Petinggi Chevron yang hadir antara lain Managing Director Chevron IndoAsia Business Asia Chuck Taylor, Presiden Direktur PT Chevron Pacific Indonesia Albert Simanjuntak dan  Senior Vice President Policy, Government and Public Affairs Chevron Indonesia Yanto Sianipar.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...