ESDM Akan Umumkan Pemenang Lelang Blok Migas East Natuna Juni 2023

Muhamad Fajar Riyandanu
26 Desember 2022, 21:55
ESDM Akan Umumkan Pemenang Lelang Blok Migas East Natuna Juni 2023
Katadata
Ilustrasi blok migas

Kementerian ESDM tengah mempersiapkan lelang ulang Blok East Natuna di Kepulauan Riau usai sebagian lapangannya dilepas oleh Pertamina dan dikembalikan ke pemerintah.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (migas), Tutuka Ariadji, berharap lelang blok yang sudah mandek lebih dari 45 tahun ini dapat dilakukan dalam waktu dekat, sehingga pemenangnya dapat diumumkan pada Juni 2023 mendatang.

“Kami persiapkan untuk lelang sebelum Juni, sehingga bulan Juni 2023 sudah bisa umumkan pemenangnya,” kata Tutuka, dalam Energy Corner CNBC pada Senin (26/12).

Tutuka menjelaskan, Blok East Natuna nantinya akan dibagi menjadi tiga wilayah kerja atau WK, di antaranya WK Arwana-Barakuda, WK Paus dan WK D-Alpha sebagai lapangan migas yang paling besar.

Menurutnya, Blok East Natuna ditaksir memiliki potensi gas hingga 222 triliun kaki kubik (TCF) dengan kandungan karbondioksida atau CO2 yang mencapai 71%. Kandungan CO2 yang tinggi ini berimbas pada pengelolaan yang lebih rumit dan mahal dibadingkan blok migas lainnya.

Dari rencana pecahan tiga WK tersebut, pemerintah akan mengadakan penawaran tersendiri pada WK D-Alpha kepada perusahaan multinasional yang mempunyai modal kuat dan berani mengambil risiko.

"Lapangan D-Alpha yang di tengah ini pengelolaannya tidak mudah karena banyak kandungan CO2," ujar Tutuka.

Sehingga, kata dia, pemerintah akan menawarkannya ke perusahaan-perusahaan multinasional kelas besar yang mempunyai modal yang kuat, kompetensi tinggi dan berani mengambil risiko. 

Setelah Pertamina mengumumkan pelepasan kontak migas pada lapangan D-Alpha, sejumlah perusahaan migas internasional dikabarkan berminat untuk mengelola lapangan tersebut. Satu di antaranya yakni perusahaan migas asal Rusia, Zarubezhneft.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...