Harga Minyak Jatuh Jelang Akhir Pekan Imbas Ketidakpastian Permintaan

Muhamad Fajar Riyandanu
12 Mei 2023, 17:03
harga minyak
Katadata

Harga minyak kembali jatuh pada akhir pekan, Jumat (12/5) karena kekhawatiran kondisi ekonomi Amerika Serikat. Selain itu, pasar risau atas ketidakpastikan pertumbuhan permintaan bahan bakar di Cina seiring melemahnya tingkat penurunan pinjaman di negara tersebut.

Demosi harga minyak global telah terjadi sebanyak empat kali dalam sepekan terakhir dengan rerata 1,1%. Angka tersebut menjadi penurunan mingguan terpanjang sejak November 2021.

Minyak mentah jenis Brent turun 48 sen, atau 0,64%, menjadi US$ 74,50 per barel. Sementara harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) turun 39 sen atau 0,55% menjadi US$ 70,48.

Penurunan harga minyak dipicu oleh kondisi pagu utang pemerintah AS dan kekhawatiran kondisi bank regional yang sedang menuju krisis. Kondisi tersebut pada akhirnya memancing sentimen kecemasan ekonomi AS sedang menuju resesi.

Selain itu, turunnya penyaluran pinjaman baru untuk bisnis di Cina dan data ekonomi yang melemah pada awal minggu memicu keraguan tentang kondisi pemulihan ekonomi setelah penghapusan pembatasan Covid-19.

Analis Pasar CMC Markets di Auckland, Tina Teng, mengatakan tingkat data inflasi yang cenderung konservatif dari kedua negara menunjukan permintaan konsumsi masyarakat yang melemah.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...