AS Jadi Penengah Gencatan Senjata Israel-Hamas, Harga Minyak Turun

Mela Syaharani
29 April 2024, 11:15
harga minyak, israel, hamas, amerika serikat,
Katadata
Button AI Summarize

Minyak tergelincir karena AS berusaha menengahi kesepakatan damai antara Israel dan Hamas yang akan mengurangi ketegangan geopolitik di Timur Tengah.

Harga minyak mentah Brent turun di bawah US$ 89 per barel usai kenaikan 2,5% pada minggu lalu. Sementara minyak mentah West Texas Intermediate turun ke US$ 83 per barel.

Bloomberg melaporkan harga minyak mentah meningkat tahun ini disebabkan oleh pemangkasan suplai oleh organisasi negara pengekspor minyak dan sekutunya (OPEC+) serta peningkatan ketegangan di Timur Tengah yang merupakan sumber dari sepertiga pasokan minyak dunia.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken menyebut akan memperbanyak usaha untuk memastikan keamanan gencatan senjata di Gaza. Hal ini disampaikannya saat kunjungan Blinken ke wilayah tersebut.

Sementara Gedung Putih mengatakan bahwa Israel telah setuju untuk mendengarkan keprihatinannya dan menunda serangan ke Rafah. Setidaknya sampai Israel bertemu dengan Amerika.

Meningkatnya harga minyak tidak hanya disebabkan oleh konflik dan pemangkasan pasokan, tetapi juga disebabkan oleh penurunan suku bunga AS. Pergeseran ekspektasi untuk kebijakan moneter AS membebani prospek permintaan.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...