Campur Pertamax dengan Bioetanol, Pertamina Bakal Jual Lagi BBM RON 95

Muhamad Fajar Riyandanu
19 Juni 2023, 20:27
pertamax, pertamina, bbm, bioetanol
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/tom.
Petugas mengisi BBM kendaraan pemudik di Rest Area 275 A Penarukan, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Kamis (28/4/2022).

Pertamina menyatakan jenis BBM terbaru dari campuran komposisi Pertamax dengan bahan bakar nabati bioetanol 5% (E5) dapat menaikan nilai oktan atau RON dari 92 menjadi menjadi 95. Kadar oktan tersebut setara dengan Pertamax Plus yang penjualannya dihentikan pada 2016 silam.

Pertamina sejauh ini memiliki tiga produk BBM jenis bensin (gasoline) yang dipasarkan di tiap pom bensin. Di antaranya Pertalite dengan RON 90, Pertamax RON 92 dan Pertamax Turbo dengan angka oktan 98.

Juru bicara Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, menyampaikan bahwa Pertamina akan segera meluncurkan bahan bakar nabati bioetanol dengan komposisi bauran 5% bioetanol dan 95% Pertamax. "Bioetanolnya nanti 5% plus Pertamax. Jadi kadar RON-nya menjadi 95 nantinya," kata Fadjar lewat pesan singkat pada Senin (19/6).

Kendati demikian, Fadjar belum merinci lebih jauh soal waktu perilisan komersial BBM Bioetanol 5%. Dia mengatakan saat ini Pertamina masih berupaya untuk menyelesaikan administrasi perizinan.

"Launching mudah-mudahan dalam waktu dekat. Masih menunggu waktu yang tepat. Kami akan launching nanti di Surabaya," ujar Fadjar.

Pemilihan Kota Pahlawan dilatarbelakangi oleh lokasinya yang dekat dengan produsen bahan baku bioetanol di Kabupaten Mojokerto dan Malang. Sifat bioetanol yang cepat busuk karena terbuat dari material tumbuh-tumbuhan mewajibkan penyalurannya harus dekat dan terjangkau dari lokasi pabrik.

"Mudah-mudahan bisa diwujudkan pada awal Juli untuk ujicoba komersial di SPBU," kata Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Dadan Kusdiana di Kantor Kementerian ESDM pada Senin (19/6).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...