Pertamina Bidik Hibah JETP untuk Implementasi CCUS di Lapangan Migas

Muhamad Fajar Riyandanu
20 Juni 2023, 15:31
Petugas melakukan proses injeksi CO2 di sumur JTB-161 Mundu, Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (26/10/2022). Pertamina melakukan injeksi perdana CO2 ke sumur minyak sebagai langkah awal penerapan teknologi Carbon Capture, Utilization & Storage (CCUS
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/hp.
Pertamina melakukan injeksi perdana CO2 ke sumur minyak sebagai langkah awal penerapan teknologi Carbon Capture, Utilization & Storage (CCUS) untuk meningkatkan produksi minyak dalam negeri.

PT Pertamina berupaya mendapatkan porsi pendanaan Just Energy Transition Partnership atau JETP dalam bentuk hibah. Tujuannya untuk modal riset percepatan implementasi teknologi penangkapan, pemanfaatan dan penyimpanan karbon atau carbon capture, utilization and storage (CCUS) di sektor hulu migas.

Juru bicara Pertamina, Fadjar Djoko Santoso, mengatakan perseroan telah menandai beberapa lapangan migas yang berpotensi untuk aplikasi CCUS. Adapun lokasinya berada di Cekungan Sumatera Tengah, Cekungan Kutai and South Asri, Lapangan Migas Gundih dan Sukowati, Jawa Tengah serta Lapangan Donggi Matindok di Sulawesi Tengah.

“Resminya kami belum mengajukan usulan proyek untuk JETP, tapi komunikasi sudah dilakukan dan harapannya kami bisa mendapatkan bagian dari JETP untuk riset CCUS di lapangan Pertamina dan non Pertamina,” kata Fadjar lewat pesan singkat pada Selasa (20/6).

Lebih lanjut, kata Fadjar, Pertamina sebagai BUMN bakal mengikuti kebijakan JETP meski program internasional tersebut masih fokus pada transisi energi dan pensiun dini pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) batu bara. “Perlu kami pastikan juga dengan JETP nya apakah akan membuka pendanaan untuk CCUS,” ujar Fadjar.

Pertamina melalui Subholding upstream PT Pertamina Hulu Energi (PHE) tengah mengkaji empat proyek CCUS untuk mendorong produksi migas sembari mengejar target penurunan emisi karbon. Dari empat proyek CCUS tersebut, tiga di antaranya terletak di Pulau Jawa dan satu proyek di Sumatera.

Pengembangan teknologi CCUS di beberapa lapangan Migas ditujukan untuk pengurasan minyak tahap lanjut atau Enhance Oil Recovery (EOR) dan Enhance Gas Recovery (EGR).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...