Nikuba Mulai Dilirik Produsen Otomotif Dunia, BRIN Buka Suara

Muhamad Fajar Riyandanu
12 Juli 2023, 17:30
Nikuba
Instagram @nikubahidrogen
Alat Nikuba temuan Aryanto Misel yang terpasang pada motor TNI.

Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN mendukung inovasi pembuatan Nikuba, alat yang disebut mampu mengonversi air menjadi hidrogen dan bisa digunakan sebagai bahan bakar pengganti bensin untuk kendaraan bermotor.

Hal ini disampaikan Peneliti Sel Bahan Bakar dan Hidrogen BRIN Eniya Listiani Dewi menanggapi fenomena Nikuba diminati oleh produsen otomotif dunia. 

Sebelumnya, sejumlah pabrikan otomotif dunia dikabarkan mulai melirik alat Nikuba. Sang penemu, Aryanto Misel, pada pertengahan Juni 2023 lalu diminta untuk mempresentasikan hasil temuannya tersebut di Milan, Italia, di hadapan petinggi pabrikan otomotif negara tersebut.

BRIN menganggap pemanfaatan air menjadi pengganti BBM merupakan langkah potensial bagi pengembangan energi alternatif domestik. Eniya menjelaskan teknik pemanfaatan air menjadi pengganti BBM dapat dilakukan melalu teknik pemisahan antara hidrogen dan oksigen yang terkandung di dalam air melalui proses elektrolisis.

"Nikuba itu intinya proses elektrolisa, itu memang bisa. Dari proses itu, air dapat dipecah menjadi hidrogen murni atau hidrogen yang masih ada oksigennya," kata Eniya di Indonesia Convention Exhibition BSD, Tangerang pada Rabu (12/7).

Kendati demikian, Eniya mengaku pihak BRIN belum pernah melihat produk maupun cara kerja Nikuba secara langsung. Alumnus Fakultas Aplikasi Kimiawi, Polimer, Katalis dan Sel Bahan Bakar Universitas Waseda, Jepang itu mengatakan BRIN telah menerjunkan utusan untuk menemui kreator Nikuba, Aryanto Misel.

"Karena secara teori memungkinkan tapi kami belum lihat barangnya, malah kami ingin kenal dengan Nikuba. Kami apresiasi kepada teman-teman yang menghadirkan inovasi. Itu luar biasa," ujar Eniya.

Lebih lanjut, Eniya mengatakan BRIN juga sedang mengembangkan mobil bertenaga hidrogen, merujuk teknologi mesin Toyota Mirai. Dia menyebut proyek pengembangan mobil itu menggunakan hidrogen yang tidak dibakar, melainkan hidrogen yang diubah menjadi energi listrik untuk menggerakkan roda kendaraan. Eniya menyebut teknik itu dengan sebutan konversi elektrokimia.

Konversi elektrokima berbeda dengan cara kerja pemanfaatan hidrogen pada Nikuba. Cara kerja Nikuba berawal pemisahan hidrogen dan oksigen yang terkandung di dalam air akan menciptakan reaksi anoda dan katoda.

Dari hasil pemisahan yang terjadi di alat Nikuba, hidrogen kemudian dialirkan ke intake motor. Intake merupakan bagian dari mesin yang berbentuk pipa tabung yang terletak di bagian atas mesin. Fungsi intake adalah untuk mengantarkan campuran udara dan bahan bakar ke silinder mesin agar digunakan untuk proses pembakaran.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...