SKK Migas dan Petrogas Tajak Sumur Eksplorasi Riam-1 Papua Barat Daya

Image title
23 Juli 2023, 19:57
SKK Migas dan PT Petrogas (Basin) Ltd melakukan tajak sumur eksplorasi Riam-1 di Walio Barat, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya.
ANTARA/HO-SKK MIGAS
SKK Migas dan PT Petrogas (Basin) Ltd melakukan tajak sumur eksplorasi Riam-1 di Walio Barat, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengungkapkan ada tiga dari 57 target pengeboran sumur eksplorasi tahun ini yang berlokasi di Provinsi Papua Barat Daya.

"Secara keseluruhan, target pengeboran meningkat dari realisasi tahun 2022 yang hanya 42 sumur," kata Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Hudi D. Suryodipuro, dikutip dari Antara, Minggu (23/7).

Ia menjelaskan, saat ini SKK Migas bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS), yakni PT Petrogas (Basin) Ltd, sementara melakukan tajak sumur eksplorasi Riam-1 di Walio Barat, Kabupaten Sorong.

Eksplorasi ini dimulai pada 21 Juli, dan diperkirakan berlangsung dua bulan. Sumur eksplorasi, dibor secara berarah (directional) menggunakan PBL Rig 3 (750 HP) dengan kedalaman akhir sumur 4.250 ftMD. Eksplorasi Riam-1 ini, dilakukan untuk menguji, sekaligus mengevaluasi potensi kandungan migas yang terdapat pada Formasi Kais.

"Remaining reserve dari lapangan yang saat ini diproduksi di Sorong, berasal dari wilayah kerja operator Petrogas dan PT Pertamina EP," kata Hudi.

Ia menambahkan, eksplorasi pengeboran sumur migas memerlukan dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat di Papua Barat Daya. Oleh karena itu, SKK Migas terus meningkatkan sinergi kolaborasi dengan pemerintah daerah setempat.

Menurutnya, kegiatan hulu migas berdampak positif terhadap pendapatan daerah melalui dana bagi hasil (DBH), baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...