SKK Migas dan Eni North Tajak Sumur Eksplorasi Geng North-1

Desy Setyowati
22 Juli 2023, 12:32
SKK Migas, sumur
Arief Kamaludin | Katadata
SKK Migas

Kontraktor Kontrak Kerja Sama atau KKKS PT Eni North Ganal Ltd yang berkontrak dengan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi alias SKK Migas melakukan tajak sumur eksplorasi Geng North-1 pada Jumat (21/7) pukul 00.30 WITA.

Sumur eksplorasi Geng North-1 merupakan sumur eksplorasi deep water drilling pertama yang tajak pada 2023. Sumur ini terletak di kedalaman 1.952 meter di perairan dalam lepas pantai Cekungan Kutai, sekitar 60 kilometer dari timur pantai Kalimantan dan sekitar 130 kilometer dari fasilitas Bontang, Kalimantan Timur.

Deputi Eksplorasi, Pengembangan dan Manajemen Wilayah Kerja SKK Migas Benny Lubiantara mengatakan pengeboran eksplorasi Geng North-1 merupakan salah satu upaya SKK Migas dan KKKS untuk terus menemukan cadangan migas baru guna memenuhi kebutuhan energi nasional.

Pengeboran sumur Geng North-1 merupakan upaya mengoptimalkan potensi hulu migas terus dilakukan, termasuk yang berada di wilayah laut dalam. “Ini menunjukkan daya tarik investasi hulu migas nasional masih menjanjikan," kata Benny dalam keterangan pers, Sabtu (22/7).

Ia mengatakan keberhasilan pengeboran sumur eksplorasi Geng North-1 akan memberikan dampak positif terhadap upaya pengeboran sumur eksplorasi di laut dalam. "Potensi migas Indonesia terbesar berada di laut dalam," ujar Benny.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...