Pesawat Boeing Garuda Indonesia Akan Uji Terbang Pakai Bioavtur

Tia Dwitiani Komalasari
27 Juli 2023, 07:43
Pengujian statik mesin pesawat Garuda Indonesia yang menggunakan Bioavtur.
Kementerian Perhubungan
Pengujian statik mesin pesawat Garuda Indonesia yang menggunakan Bioavtur.

Pesawat komersial Boeing 737-800 yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia akan ground test (uji darat) dan flight test (uji terbang) dengan menggunakan Bioavtur. Untuk mempersiapkan hal itu, Kementerian Perhubungan dan Garuda Maintenance Facilities atau GMF melakukan pengujian statik yang dilaksanakan pada Rabu (26/7).

Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara M. Mauludin menyambut baik dilakukannya "2023 Bioavtur Testing on Engine Test Cell of GMF"  di Gedung GMF, Tangerang.

"Kita apresiasi atas dedikasi dan kerja kerasnya yang konsisten hingga pada hari ini berhasil melakukan uji produksi bioavtur yang juga telah melalui uji laboratorium, pengujian statik test pada test cell, serta pengujian ground test dan flight test pada pesawat CN235 registrasi militer," ujarnya melalui keterangan tertulis yang disampaikan Rabu malam (26/7).

Menurut Mauludin, Pengujian statik test Bioavtur ini dilaksanakan dalam rangka persiapan ground test dan flight test pada pesawat komersial Boeing 737-800 yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia.

Mauludin mengatakan, Indonesia telah berkomitmen untuk menjalankan upaya mitigasi perubahan iklim dan penurunan emisi. Pada sektor transportasi udara, Kemenhub ikut berperan aktif dalam memenuhi komitmen tersebut melalui penyusunan regulasi, keterlibatan dalam diskusi strategis pada tingkat kelompok kerja di International Civil Aviation Organization (ICAO), dan juga berupaya mengimplementasikan kebijakan ICAO tersebut.

Tahun 2021 lalu, Ditjen Perhubungan Udara berkolaborasi dengan stakeholder dari industri aviasi untuk memformulasikan dokumen State Action Plan Penurunan Emisi Karbon di Sektor Penerbangan revisi ke 3 yang disampaikan kepada ICAO.

"Kami menyadari bahwa pengembangan bioavtur merupakan isu strategis. Terlihat dari meningkatnya kolaborasi antar berbagai organisasi dan industri penerbangan," ucapnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...