Exxon Bidik Cadangan Minyak 42 Juta Barel dari Sumur Blok Cepu

Muhamad Fajar Riyandanu
10 Agustus 2023, 20:16
Exxon
Arief Kamaludin|KATADATA
Exxon

ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) atau Exxon berupaya mengeksploitasi potensi cadangan tambahan minyak 42 juta barel dari kegiatan pengeboran lima sumur infill dan dua sumur eksplorasi untuk lapisan klastik di lapangan Banyuurip, Blok Cepu, Jawa Timur.

Untuk mewujudkan hal tersebut, EMCL menggandeng PT Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI) untuk pengadaan sewa rig #40.3 dengan spesifikasi Cyber Electric VFD System dengan kapasitas 1.500 horsepower. Rig itu akan digunakan untuk tujuh sumur secara bergantian.

Kesepakatan tersebut diwujudkan dalam bentuk penandatanganan kontrak pengadaan rig oleh Senior Vice President Production ExxonMobil Indonesia Muhammad Nurdin dan Direktur Utama PDSI, Rio Dasmanto di Kantor SKK Migas Jakarta pada Kamis (10/8).

Seremoni tersebut juga disaksikan oleh  Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, Deputi Dukungan Bisnis Rudi Satwiko, Deputi Eksploitasi Wahju Wibowo, dan Presiden ExxonMobil Indonesia Carole Gall.

Dwi Soetjipto mengapresiasi kerja sama antara PDSI dan EMCL. Menurutnya, kegiatan pengeboran tujuh sumur di Lapangan Banyuurip juga diharap mampu mengerek capaian produksi Blok Rokan yang tertahan di level hingga 18.000 BOPD dari tingkat produksi yang ada saat ini, 157.000 BOPD.

“Penandatanganan kontrak pengadaan rig untuk pengeboran Banyuurip Infill dan klastik ntuk mempercepat pendapatan rig sehingga jadwal pemboran dapat dimajukan dari yang semula Septermber 2024 menjadi Maret 2024,” kata Dwi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...