Pertamina Anggarkan Rp 531 Miliar untuk Pembelian Empat Rig Baru

Muhamad Fajar Riyandanu
10 Agustus 2023, 20:05
Pertamina
Pertamina
Pekerja PT. Pertamina Hulu Rokan tengah melakukan peninjauan di salah satu sumur pengeboran di Wilayah Kerja (WK) Rokan.

PT Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI) berencana menganggarkan belanja modal US$ 35 juta atau sekira Rp 531,5 miliar untuk pembelian empat rig pengeboran sumur minyak dan gas (migas).

Pengadaan empat rig tambahan itu untuk mengakselerasi pengeboran sumur migas di Blok Rokan dan Zona 7 yang mencakup Lapangan Jatibarang, Subang, dan Tambun di Regional Jawa Barat.

Direktur Utama PDSI Rio Dasmanto mengatakan pengadaan alat pengeboran bakal terkonsentrasi pada dua unit rig spesifikasi 750 horsepower dan dua unit rig 550 horsepower.

Penyediaan rig berkapasitas 750 horsepower membutuhkan pendanaan hingga US$ 20 juta per unit. "Kalau rig yang 550 horsepower tentu lebih kecil, tapi budget-nya tidak terlalu jauh," ujar Rio di Kantor SKK Migas pada Kamis (10/8).

Rio mengatakan pihaknya akan mengutamakan pengadaan rig 750 horsepower pada tahun ini, seiring alokasi anggaran yang sudah ditetapkan. Sementara itu, pengadaan rig 550 horsepower baru akan dilaksanakan pada tahun depan.

"Ada permintaan untuk rig 550 horsepower, tapi mendadak. Jadi pengadaannya masuk tahun depan," ujar Rio.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...