Komitmen Delta Dunia terhadap ESG Diakui Dunia

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
28 Agustus 2023, 18:53
Pengakuan diberikan Morningstar Sustainalitycs atas komitmen kuat Delta Dunia terhadap praktik bisnis bertanggung jawab dan ESG.
Delta Dunia Makmur
Pengakuan diberikan Morningstar Sustainalitycs atas komitmen kuat Delta Dunia terhadap praktik bisnis bertanggung jawab dan ESG

PT Delta Dunia Makmur Tbk (Delta Dunia Group) meraih posisi terbaik kedua di sub industri batu bara global. Hal ini berdasarkan kepada penilaian Sustainalytics ESG Risk Rating.

Pengakuan tersebut diberikan Morningstar Sustainalitycs selaku lembaga pemeringkat risiko lingkungan, sosial, dan tata kelola (environmental, social, and governance/ESG). Yang paling digarisbawahi adalah komitmen kuat Delta Dunia terhadap praktik bisnis bertanggung jawab dan komitmen kepada ESG.

Selain Delta Dunia Group, terdapat 74 perusahaan global lain di sub industri batu bara yang masuk ke dalam penilaian Sustainalytics’ ESG Rating.

Di dalam penilaian Sustainalytics terbaru, Delta Dunia Group berhasil meraih kemajuan yang signifikan. Untuk skor ESG Risk Rating dari 42,4 pada Desember 2022 menjadi 32,7 pada Juli 2023. Hal ini menandai peningkatan sebesar 10 poin (atau 25 persen).

Pencapaian juga tercermin pada skor ESG Risk Management perusahaan yang meningkat dari 47,4 pada 2022, menjadi 56,1 pada 2023. Angka-angka ini menunjukkan fokus perusahaan terhadap ESG, mulai dari perumusan kebijakan ESG hingga pelaksanaannya yang efektif.

Selain itu, pendekatan Delta Dunia Group terhadap mitigasi emisi karbon berhasil mendorong transisi klasifikasi pengelolaan karbon perusahaan. Sebelulmnya termasuk ke dalam klasifikasi tinggi, kemudian menjadi klasifikasi risiko menengah.

Indikasi penting dari keberhasilan tersebut adalah skor Carbon Intensity Trend sebesar 75 yang diraih perusahaan. Metrik ini menunjukkan langkah signifikan Delta Dunia di dalam mengurangi intensitas karbon dibandingkan dengan rata-rata historisnya selama tiga tahun terakhir.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...