Krakatau Daya Listrik Kembangkan Bisnis Pembangkit Panel Surya

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
17 September 2023, 19:43
Anak usaha Chandra Asri Group, Krakatau Daya Listrik, berhasil mengurangi emisi karbon sebesar 561 ton co2 per tahun melalui inisiasi panel surya.
Krakatau Daya Listrik
Anak usaha Chandra Asri Group, Krakatau Daya Listrik, berhasil mengurangi emisi karbon sebesar 561 ton co2 per tahun melalui inisiasi panel surya.

PT Krakatau Daya Listrik (KDL) berhasil mengembangkan usaha pembangunan pembangkit panel surya dengan empat mekanisme yang berbeda. Anak usaha Chandra Asri Group ini memasang panel surya di berbagai proyek, termasuk industri dan ritel.

Total kapasitas listrik energi baru terbarukan mencapai 958 kWp. Ditargetkan proyek pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang akan dikerjakan mencapai 3 MWp pada 2023.

Keberhasilan pembangunan panel surya ini menghemat pemakaian listrik hingga 40 persen per tahun. Sementara itu, emisi karbom yang berkurang mencapai 561 ton CO2 per tahun.

Inovasi ini merupakan salah satu upaya KDL untuk memberikan kontribusi terhadap upaya pemerintah dalam mencapai target energi baru terbarukan. Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 112 Tahun 2022.

Direktur Utama Krakatau Daya Listrik Nandang Hariana menjelaskan, berkat pengembangan empat mekanisme panel surya yang diterapkan perusahaan, KDL tercatat berhasil menyediakan solusi energi listrik baru dan terbarukan untuk  industri maupun ritel.

“KDL memiliki empat mekanisme dalam pemasangan solar panel,” tuturnya dikutip dari siaran pers, Minggu (17/9).

Mekanisme tersebut, yaitu solar on grid system yang mengintegrasikan panel surya dengan jaringan listrik. Cara ini memungkinkan energi yang dihasilkan langsung disalurkan melalui jaringan listrik tanpa memerlukan baterai sebagai penyimpanan cadangan.

Solar off grid system beroperasi secara mandiri tanpa koneksi ke jaringan listrik. Mekanisme ini memerlukan penyimpanan energi dalam baterai untuk penggunaan berdasarkan kapasitas baterai.

On grid with battery back-up system, yang mana panel surya mengalirkan energi ke jaringan listrik. Setelah itu, panel surya akan menyimpan kelebihan energi dalam baterai sebagai cadangan saat matahari tidak bersinar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...