BUMA Raih Fasilitas Pembiayaan Sindikasi Syariah USD60 Juta

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
21 September 2023, 19:57
Pendanaan baru dengan pricing yang kompetitif ini sekaligus menjadi bukti kredibilitas BUMA sebagai perusahaan kontraktor pertambangan batu bara.
BUMA
Pendanaan baru dengan pricing yang kompetitif ini sekaligus menjadi bukti kredibilitas BUMA sebagai perusahaan kontraktor pertambangan batu bara.

PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) mengumumkan pembiayaan sindikasi syariah pertama dalam sejarah perusahaan. Total fasilitas pembiayaan ini sebesar USD60 juta, setara Rp920 miliar.

Di dalam fasilitas pembiayaan tersebut, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. berpartisipasi senilai USD50 juta sekaligus berperan sebagai mandated lead arranger (MLA), agen fasilitas, dan agen jaminan. Pembiayaan ini akan berlangsung selama lima tahun hingga 2028.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan oleh Nanang Rizal Achyar selaku Direktur BUMA dan Irvan Y. Noor selaku SEVP Enterprise Banking Bank Muamalat. Turut menyaksikan, yaitu Direktur Utama Bank Muamalat Indra Falatehan, Direktur Delta Dunia Group Dian Andyasuri, serta Iwan Fuad Salim selaku Group Deputy Director Finance & Investor Relations Delta Dunia Group di South Quarter Tower, Cilandak Barat, Jakarta.

Nanang mengapresiasi kepercayaan yang diberikan oleh Bank Muamalat. Menurutnya, pendanaan baru dengan pricing yang kompetitif ini sekaligus menjadi bukti kredibilitas BUMA sebagai perusahaan kontraktor pertambangan batu bara.

“Pendanaan ini akan kami gunakan untuk mendukung aksi korporasi dan menunjang kegiatan operasional BUMA. Kami berharap kerja sama ini juga dapat berlanjut ke kerja sama yang lebih luas,”kata Nanang dikutip dari siaran pers, Kamis (21/9).

SEVP Enterprise Banking Bank Muamalat Irvan Y. Noor menuturkan, pihaknya menyambut baik sinergi dengan Delta Dunia Group melalui salah satu anak usahanya, BUMA. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen bank pertama murni syariah di Tanah Air ini untuk berkontribusi dalam pembiayaan sindikasi syariah, khususnya dalam denominasi dolar AS.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...