ENI Temukan Cadangan Gas 5 TCF di WK North Ganal Kalimantan Timur

Muhamad Fajar Riyandanu
2 Oktober 2023, 19:15
gas
Katadata
Ilustrasi fasilitas pemrosesan gas lapangan.

Perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Italia, ENI, melaporkan temuan cadangan gas di Wilayah Kerja (WK) North Ganal, Kalimantan Timur dengan perkiraan awal gas di lokasi mencapai 5 triliun kaki kubik (Tcf). Kandungan kondensat diperkirakan mencapai 400 Mbbls.

Penemuan tersebut disampaikan oleh Head of Regional and Far East ENI saat bertemu dengan Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto pada ajang Abu Dhabi International Petroleum and Conference atau ADIPEC pada Ahad, (1/10).

Dengan perkiraan awal discovered resources sebesar kurang lebih 609 MMBOE (recoverable), besaran angka itu menjadikan temuan di sumur Geng North – 1 menjadi salah satu dari tiga besar temuan eksplorasi dunia pada 2023. 

ENI mencatat temuan cadangan gas itu berasal dari kegiatan pengeboran sumur eksplorasi Geng North-1 pada kedalaman 5.025 meter dan kedalaman air hingga 1.947 meter, tempat penemuan cadagan gas setebal sekira 50 meter di reservoir batu pasir Miosen bersifat petrofisika.

Lebih lanjut, ENI juga melaporkan hasil uji produksi sumur yang memungkinkan perkirakan kapasitas sumur hingga 80-100 MMSCFD gas dan sekitar 5-6 kbbld kondensat.

Temuan itu berpotensi menjadi pusat produksi gas baru di bagian utara cekungan Kutai yang  bakal terhubung dengan fasilitas LNG Bontang di pesisir Kalimantan Timur.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menyebut temuan positif di WK North Ganal akan menjadi salah satu giant discovery yang akan cadangan gas secara signifikan.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...