OPEC+ Sepakat Pangkas Produksi, Harga Minyak Kembali Naik

Mela Syaharani
5 Oktober 2023, 12:31
harga minyak, opec, opec+, brent, wti
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Ilustrasi produksi minyak dan gas bumi (migas).

Harga minyak naik pada perdagangan pagi ini, Kamis (5/10), usai pertemuan negara-negara pengekspor minyak plus Rusia alias OPEC+.

Data Reuters menunjukkan minyak mentah Brent di angka US$ 84,69 dan West Texas Intermediate (WTI) di US$ 86,42. Masing-masing kenaikannya dibandingkan kemarin adalah 0,56% dan 0,71%. 

Dalam hasil pertemuan semalam, OPEC+ bertahan dengan aksi pemangkasan produksi minyak yang sudah mulai dilakukan sejak pertengahan tahun. Mereka sepakat untuk menjaga pasokan di tengah kemungkinan penurunan pertumbuhan ekonomi global.

Pada Rabu lalu, harga minyak turun lebih dari US$ 5 per barel sebab prospek makro ekonomi yang suram dan dapat menurunkan permintaan bahan bakar minyak. 

Setelah pertemuan yang dipimpin Rusia kemarin, OPEC+ memutuskan tidak membuat perubahan perihal kebijakan produksi minyak. Arab Saudi tetap meneruskan pemangkasan sebesar 1 juta barel per hari (bph) hingga akhir tahun.

Rusia juga bertahan memangkas ekspor sukarela sebesar 300 ribu bph sampai akhir Desember nanti. "Para anggota akan terus mencermati kondisi pasar," tulis pernyataan tertulis OPEC, usai pertemuan. 

Reuters menulis, perekonomian zona euro kemungkinan akan menyusut pada kuartal terakhir 2023. Berdasarkan survei, permintaan bahan bakar terlihat menurun pada  September. Konsumen melakukan pengetatan  pengeluaran di tengah maraknya kenaikan biaya pinjaman dan harga.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...