Harga Minyak Diramal Segera Sentuh US$ 100/Barel Imbas Pasokan Ketat

Happy Fajrian
4 Oktober 2023, 07:16
harga minyak
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Seapup 1 Pertamina Hulu Energi (PHE) Offshore North West Java (ONWJ) saat perawatan salah satu sumur minyak dan gas di lepas pantai utara Indramayu, Laut Jawa, Jawa Barat, Minggu (2/4/2023).

Harga minyak dunia terus merangkak naik dalam beberapa waktu terakhir, dengan dua harga minyak acuan Brent dan West Texas Intermediate (WTI) semakin mendekati US$ 100 per barel.

Namun beberapa jenis minyak telah menyentuh harga tersebut, dipengaruhi oleh ketatnya pasokan. Harga minyak mentah Nigeria Qua Iboe, misalnya, telah melewati US$ 100 per barel pada Senin (2/10) menurut data LSEG.

“Minyak mentah Malaysia, Tapis mencapai US$ 101,30 pekan lalu,” kata analis dari bank Swedia, SEB, Bjarne Schieldrop dalam sebuah laporan yang dikutip Reuters, Rabu (4/10).

Harga minyak terus merangkak naik ke level tertingginya pada 2023 seiring investor yang fokus pada potensi defisit pasokan minyak pada kuartal IV, terutama setelah Arab Saudi dan Rusia memperpanjang pemangkasan pasokan.

Arab Saudi dan Rusia adalah dua negara produsen minyak terbesar dari kartel minyak OPEC+, sementara negara anggota lainnya juga mengurangi produksi. “Situasinya adalah Arab Saudi dan Rusia menguasai kendali penuh atas pasar minyak,” kata Schieldrop.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...