Biaya Dekarbonisasi Sektor Kelistrikan Dinilai Masih Terjangkau

Nadya Zahira
5 Oktober 2023, 16:41
Ilustrasi dekarbonisasi sektor kelistrikan
ANTARA FOTO/Arnas Padda/nym.
Ilustrasi dekarbonisasi sektor kelistrikan

Walaupun biaya investasi di depan sangat tinggi, kebutuhan biaya tambahan untuk dekarbonisasi sektor kelistrikan dinilai masih terjangkau. Kenaikannya dibandingkan skenario tanpa target penurunan gas rumah kaca atau GRK sekitar 5% sampai 26%.

Dalam hitungan Masa Depan Energi (MDE), yang termasuk dalam hitungan biaya tersebut adalah pembangunan dan operasional pembangkit, infrastruktur jaringan, serta biaya konsumsi bahan bakar. "Kebutuhan investasi di awal memang naik di kisaran 68% hingga 98%," kata Koordinator Inisiatif MDE Ping Yowargana saat berdiskusi dengan beberapa tokoh inisiator MDE di Jakarta, Selasa (3/1). 

Ada tiga faktor utama untuk mewujudkan dekarbonisasi sektor kelistrikan yang terjangkau tersebut.  Pertama, perencanaan dan implementasi yang optimal. Pembangunan pembangkit listrik dan penambahan infrastruktur jaringan harus sesuai dengan potensi sumber energi terbarukan, lokasi, dan waktu kebutuhan listrik. 

Kedua, pergeseran struktur biaya di sektor kelistrikan. Walaupun biaya keseluruhan sektor kelistrikan naik hingga 26%, biaya penggunaan bahan bakar fosil sektor kelistrikan menurun hingga 80% sampai akhir abad ke-21.

Ketiga, pada 2050, ongkos pembangkit panel surya diproyeksikan akan turun drastis dari harga saat ini. Meskipun biaya pembangkitan listrik menggunakan panel surya telah turun sebanyak 85% dalam 10 tahun terakhir, keberlanjutan tren ini tetap memerlukan upaya bersama dari semua pihak agar dapat terwujud.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...