Medco Ingin Naikkan Harga Gas, Menteri ESDM: Tidak, Sudah Sesuai POD

Mela Syaharani
13 Oktober 2023, 18:57
medco, harga gas, migas, esdm
SKK Migas
Ilustrasi blok migas.

Beberapa KKKS diketahui meminta penyesuaian harga jual gas karena lapangan migas sudah memasuki level senior, salah satunya yaitu PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) untuk gas yang diproduksi Blok Corridor.

Medco tengah menegosiasikan kenaikan harga jual gas setelah kontrak perjanjian jual beli gas (PJBG) dengan PGN berakhir pada 30 September 2023. Medco ingin mempertahankan level produksi yang akan berdampak pada kenaikan biaya sehingga meminta penyesuaian harga jual gas.

Menanggapi hal tersebut, Menteri ESDM Arifin Tasrif menyatakan tidak ada keputusan kenaikan harga gas. “Nggak ada,” ujarnya kepada Katadata.co.id di Kantor Kementerian ESDM Jakarta, Jumat (13/10).

Membahas soal alasan permintaan naiknya harga yang disebabkan oleh bertambahnya biaya produksi, Arifin mengatakan semua sesuai dengan plan of development (POD) atau rencana pengembangan WK migas.

“POD-nya bilang apa? POD-nya berapa tahun? Di POD sudah jelas harga gas disepakati sekian, produksinya sekian, kita pegang itu saja,” kata Arifin.

Arifin mengatakan dirinya sudah tidak ingin menanggapi pertanyaan soal permintaan kenaikan harga jual gas. “Saya sudah bilang begitu, saya ga mau ada pertanyaan lagi,” tegas Arifin.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...