ESDM Akan Lelang 3 Wilayah Kerja Migas Terminasi Jelang Akhir 2023

Mela Syaharani
23 Oktober 2023, 13:46
Ilustrasi wilayah kerja migas.
dokumentasi Pertamina
Ilustrasi wilayah kerja migas.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral berupaya untuk mencapai target produksi minyak sebesar satu juta barel pada 2030. Salah satunya dengan menyiapkan wilayah kerja (WK) migas yang diterminasi atau dikembalikan kepada negara untuk dialihkelolakan.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan akan ada pembukaan lelang tiga WK Migas terminasi hingga akhir tahun ini. "Awal tahun depan kami akan sampaikan (hasilnya),” katanya dikutip dari laman resmi Kementerian ESDM pada Senin (23/10).

Hingga saat ini tercatat ada 50 blok migas terminasi. Angka ini merupakan total akumulasi terminasi kontrak migas sejak 2020 hingga 2023, dengan kontrak kerja dari 2008 hingga 2015.

Pelelangan WK migas terminasi ini tak hanya dilakukan pada 2023, Pemerintah akan melanjutkan penawaran WK Migas terminasi beberapa lainnya di awal 2024.

Namun, tidak semua blok migas terminasi tersebut akan dilelang kembali. "Kami tentu melihat yang sekiranya masih menarik dan berpotensi untuk dikembangkan," ucapnya.

Terkait WK terminasi, Tutuka menyebut terdapat dua hal yang menjadi penyebab. Pertama, terminasi otomatis, karena batas waktu eksplorasi sudah melewati dari yang disepakati. 

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...