Gandeng ENOC, Pertamina Patra Niaga Perluas Pasar Avtur Secara Global

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
20 November 2023, 18:20
Pertamina Patra Niaga dan ENOC saling sepakat untuk mengeksplorasi dan menguji potensi kerja sama di bidang operasi maupun komersil.
Pertamina Patra Niaga

PT Pertamina Patra Niaga kini melayani kebutuhan bahan bakar penerbangan atau Avtur di 128 lokasi di dunia yang tersebar di 47 negara. Demi terus memperluas pasar bisnisnya di kancah global, perseroan bekerja sama dengan Emirates National Oil Company (ENOC).

Kerja sama dengan perusahaan energi asal Uni Emirat Arab yang memiliki ekspertis di bidang layanan bahan bakar penerbangan ini dilakukan melalui penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) pada 16 November 2023.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan menjelaskan, melalui kerja sama tersebut dua pihak saling sepakat untuk mengeksplorasi dan menguji potensi kerja sama di bidang operasi maupun komersil untuk mendukung ekspansi pasar dalam penyediaan, distribusi, dan pemasaran bahan bakar pesawat udara secara global.

Riva mengimbuhkan, dua pihak mengidentifikasi potensi kolaborasi yang dapat dilakukan. Contohnya, melalui kerja sama investasi, operasional, suplai, storage, dan distribusi produk bahan bakar penerbangan di bandara-bandara Internasional.

“Selain itu, turut memperkuat kerja sama yang sudah berjalan dengan ENOC, yaitu penyediaan bahan bakar pesawat udara melalui skema conco delco atau contracting company, delivery company,” tuturnya.

Melalui kerja sama ini, Pertamina Patra Niaga dan ENOC juga turut menjajaki upaya pengurangan emisi karbon di industri penerbangan. Strateginya dengan membuka peluang pengembangan Sustainable Aviation Fuel (SAF) atau bioavtur, maupun Low Carbon Aviation Fuel (LCAF) yang memiliki potensi di pasar domestik maupun global.

“Kolaborasi ini menjadi komitmen kami untuk terus menyediakan layanan yang terbaik bagi konsumen, dan secara bersamaan terus memprioritaskan aspek keselamatan dan kualitas produk yang sesuai dengan standar internasional,” ujar Riva.

Group CEO ENOC Saif Humaid Al Falasi menyambut baik kerja sama strategis yang dilakukan ENOC dengan Pertamina Patra Niaga. “Hal ini memperkuat kedua belah pihak di layanan industri aviasi, dan misi kami untuk mengembangkan kemitraan ekonomi secara global,” tuturnya

Untuk informasi seputar produk dan layanan bisnis aviasi Pertamina, dapat diakses pada halaman https://onesolution.pertamina.com/ atau menghubungi Call Center 135.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...