Pertamina: Produksi Minyak dari Lapangan Domestik Tahun ini Stagnan

Mela Syaharani
22 November 2023, 13:25
pertamina, produksi minyak, produksi migas, lifting minyak, lifting migas
Pertamina
Pertamina memperpanjang kontrak konsesi blok migas Menzel Ledjmet Nord (MLN) di Aljazair hingga 35 tahun ke depan.

Pertamina melaporkan bahwa produksi minyak dan gas (migas) dari lapangan migas yang mereka kelola di dalam maupun luar negeri tahun mengalami peningkatan 8% dibandingkan tahun sebelumnya.

Meski begitu pertumbuhan tersebut terutama bersumber dari lapangan migas Pertamina di luar negeri lantaran produksi domestik tahun ini diperkirakan tidak tumbuh atau stagnan di level 417 ribu barel per hari (bph).

"Secara garis besar produksi migas di hulu tumbuh rata-rata 8% dari pengeboran yang masif dan agresif, baik new exploration maupun maintenance seperti work over, well services, dan well intervention," kata Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR, dikutip Rabu (22/11).

Nicke juga menyampaikan bahwa saat ini Pertamina mengelola 30% dari total lapangan migas yang ada di Indonesia, namun berkontribusi hingga 68% terhadap total produksi nasional.

Tidak tumbuhnya produksi minyak domestik Pertamina disampaikan oleh Direktur Utama Upstream Pertamina Hulu Energy Wiko Migantoro di rapat yang sama.

Dia mengatakan produksi migas Pertamina terus bertumbuh dari tahun 2021, 2022 dan outlook 2023, baik dari lapangan migas domestik maupun internasional. Namun produksi domestik tahun ini tidak mengalami peningkatan dari aset yang dikelola Pertamina sendiri dan aset di mana Pertamina tidak bertindak sebagai operator.

"Di domestik dari 2022 ke 2023, kami prediksikan akhir tahun growth-nya nol, 417 ribu bph dikarenakan ada sedikit kendala integrity di Blok OSES maupun penurunan produksi di Blok Cepu yang tidak dioperasikan Pertamina," ujarnya.

Berbanding terbalik, Wiko menyebut adanya kenaikan yang cukup signifikan dalam produksi minyak Pertamina pada lapangan internasionalnya.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...