IEA: Investasi Migas Harus Dipangkas 50% pada 2030 demi Target Iklim

Mela Syaharani
24 November 2023, 11:03
investasi migas, iea, target iklim, pemanasan global, perubahan iklim
Medco Energi
Ilustrasi proyek migas.

Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan jumlah investasi migas yang mencapai sekitar US$ 800 miliar setiap tahunnya harus dikurangi separuhnya pada 2030. IEA menyebut hal ini dilakukan untuk memenuhi target pembatasan pemanasan global 1,5 derajat celcius.

Namun disaat yang bersamaan, IEA menulis dalam laporannya bahwa permintaan global untuk migas diperkirakan akan mencapai puncaknya pada 2030. Meski begitu, tidak ada proyek baru pada sektor migas jika dunia ingin mencapai tujuan pengurangan emisi. Bahkan beberapa proyek migas yang saat ini beroperasi harus ditutup.

Kendati demikian, menurut IEA industri migas global sebagai penghasil emisi tertinggi ini masih berpotensi melakukan perbaikan. Mereka dihadapkan pilihan-pilihan di tengah krisis iklim yang sebagian besarnya dipicu oleh kegiatan di sektor migas.

IEA menyampaikan guna mencapai tujuan perjanjian Paris, pada 2030 sektor industri migas perlu mengurangi emisi sebanyak 60%. Hal ini lantaran suhu udara global pada 2023 telah tercatat sebagai suhu terpanas di dunia dalam 125 milenia atau 125 ribu tahun.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...