Menteri ESDM Peringatkan Pertamina BBM Tak Boleh Langka di Akhir Tahun

Mela Syaharani
24 November 2023, 14:24
bbm, pertamina, kementerian esdm, menteri esdm, bbm langka
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nym.
Petugas melayani pengisian bahan bakar minyak (BBM) jenis Dexlite ke mobil di SPBU 24.307.167 Jalan Raya Palembang - Jambi KM86, Tanjung Kerang, Sungai Lilin, MuSi Banyuasin, Sumatera Selatan, Selasa (11/4/2023).

Kementerian ESDM meminta lembaga terkait untuk menjaga jumlah pasokan bahan bakar minyak (BBM) menjelang akhir tahun 2023. Menteri ESDM Arifin Tasrif memperingatkan Pertamina dan BPH Migas untuk mencegah adanya kelangkaan BBM.

“Ingat, tidak boleh ada kelangkaan. Terutama ini menjelang akhir tahun,” kata Arifin dalam acara peresmian 51 lembaga penyalur BBM 1 Harga di Papua yang dipantau melalui siaran daring pada Jumat (24/11).

Arifin menyebut, dalam pendistribusian BBM pada periode akhir tahun terkadang memiliki kendala akibat adanya musim angin barat. Oleh karena itu, dia meminta adanya komunikasi antara pemerintah dengan pihak terkait untuk mengamankan pasokan BBM. “Kalau ada kelangkaan, tolong sampaikan agar bisa kita tindak lanjuti,” kata dia.

Sebelumnya, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan ada permohonan untuk penambahan kuota BBM bersubsidi. Sementara untuk LPG Nicke menyebut kuota aman sampai akhir tahun.

“Dari sisi anggaran sangat aman karena anggaran untuk LPG itu hanya terpakai sebagian, jadi masih ada sisa anggaran dan ini bisa digunakan untuk menambah anggaran penambahan kuota ini,” kata Nicke salam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII DPR RI pada Selasa (21/11).

CEO Pertamina Patra Niaga, Riva Siahaan mengungkap telah mengajukan usulan penyesuaian kuota BBM 2023 mulai dari Solar hingga LPG. Usulan penyesuaian kuota Solar 2023 meningkat sebesar 7,8%.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...