Sah, Revisi Kedua Rencana Pengembangan Blok Masela Disetujui

Mela Syaharani
30 November 2023, 15:07
Ilustrasi Blok Masela.
Katadata
Ilustrasi Blok Masela.

Menteri ESDM Arifin Tasrif sudah menyetujui revisi kedua rencana pengembangan atau plant of development (POD) proyek gas alam cair (LNG) Blok Masela. Revisi POD ini sebelumnya diajukan oleh konsorsium yang terdiri atas Inpex, Pertamina, dan Petronas.

“Revisi kedua POD sudah disetujui Menteri ESDM pada 28 November kemarin,” kata Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VII DPR RI, Kamis (30/11).

Dalam revisi tersebut terdapat poin perubahan yang diajukan Inpex. Perusahaan asal Jepang ini mengajukan penambahan investasi di proyek penangkap dan penyimpan karbon (CCS). Penambahan CCS ini merupakan salah satu visi Inpex untuk menekan emisi karbon. 

Mengenai permintaan tersebut, Dwi mengatakan telah mendapat kesepakatan semua pihak. “Sudah disetujui revisi POD-nya, akan kami lanjutkan dengan penyesuaian kontrak bagi hasil (PSC),” ucapnya.

Sebelumnya, Menteri  Arifin mendorong percepatan revisi POD Blok Masela. “Supaya segera produksi,” katanya saat ditemui di kantor Kementerian ESDM pada 20 Oktober 2023.

Pembeli LNG blok migas tersebut ditargetkan berasal dari domestik. "Supaya ketahanan energi dalam upaya transisi tercapai," ucap Arifin. 

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...