Dibisiki Sri Mulyani, Jokowi Sebut Harga Minyak Tahun Depan Stabil

Muhamad Fajar Riyandanu
22 Desember 2023, 14:14
jokowi, sri mulyani, minyak
Antara
Presiden Joko Widodo di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (16/12). Foto: Antara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pergerakan harga minyak mentah dunia tahun depan cenderung stabil. Harga diperkirakan tak bergejolak meskipun masih adanya kekhawatiran dampak perang Israel-Palestina di Jalur Gaza yang masih berlanjut.

Pernyataan tersebut disampaikan saat Jokowi saat memberikan sambutan pada Seminar Nasional Perekoniman Outlook Indonesia di Hotel St. Regis Jakarta pada Jumat (22/12).

Jokowi mengatakan, gambaran gambaran harga minyak itu merupakan hasil bisikan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani. Sri Mulyani baru saja tiba di Indonesia selepas menghadiri forum Bank Pembangunan Islam (IDB) di Arab Saudi pada pekan lalu.

"Tadi Bu Menteri Keuangan bisik-bisik ke saya 'Pak, urusan harga minyak kelihatannya sudah tidak akan bergejolak naik lagi'. Ini patut kita syukuri," kata Jokowi.

Namun Jokowi meminta jajarannya untuk terus memantau situasi global, terutama pada fluktuasi harga komoditas pangan. Dia menyebut fenonema El-Nino berdampak pada penurunan produksi pangan domestik, terutama beras.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...