Tambah Dua Tanker Gas, PIS Perkuat Angkutan LPG Dalam dan Luar Negeri

Mela Syaharani
10 Januari 2024, 17:15
pertamina, kapal gas, kapal tanker,
Pertamina
Pertamina membeli dua kapal tanker raksasa baru untuk memperkuat logistik energi di dalam dan luar negeri.
Button AI Summarize

PT Pertamina International Shipping (PIS) melakukan penambahan dua armada kapal tanker very large gas carrier (VLGC). Armada tersebut merupakan kapal tanker gas raksasa yang akan dimanfaatkan untuk mengangkut komoditas LPG baik di dalam maupun luar negeri.

“Kehadiran dua kapal VLGC ini bisa meningkatkan kemampuan Pertamina Group dalam mengamankan pasokan energi untuk mendukung ketahanan energi nasional,” kata Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati melalui siaran pers pada Rabu (10/1).

Kedua tanker ini diluncurkan secara resmi pada Selasa (9/1) oleh Nicke serta pihak terkait. Tanker ini berukuran masing-masing sepanjang 2 kali lapangan sepak bola yang dibangun di galangan Hyundai Samho, Korea Selatan.

Kepemilikan atas dua tanker ini merupakan hasil kerja sama PIS dengan perusahaan trading energi global, BGN, yang dimulai sejak penandatanganan nota kesepahaman (MoU), Desember 2022 lalu

Dua VLGC ini diberi nama VLGC Pertamina Gas Tulip dan VLGC Pertamina Gas Bergenia. Untuk diketahui, VLGC ini merupakan kapal tanker gas raksasa terbesar di dunia dengan penggunaan teknologi terkini dan ramah lingkungan.

Nama tersebut dipilih sebab memiliki arti istimewa baik bagi kedua pihak di mana Bunga Tulip melambangkan kemegahan, sementara Bunga Bergenia melambangkan kekuatan.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...