Gibran Sebut Tesla Pakai Nikel untuk Baterai Mobil Listrik, Benarkah?

Mela Syaharani
23 Januari 2024, 03:29
Gibran
ANTARA FOTO//M Risyal Hidayat/tom.
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka memakan pisang saat jeda Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). Debat Keempat Pilpres 2024 mengangkat tema terkait pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.
Button AI Summarize

Pembahasan mengenai Lithium Ferro Posphate (LFP) menjadi sorotan dalam Debat Cawapres Minggu (21/1) malam. Awalnya Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyebut co captain AMIN, Tom Lembong melakukan kebohongan publik saat membahas mengenai nikel dan LFP.

“Ini agak aneh. Yang sering ngomongin FLP itu tim sukses, tapi cawapresnya enggak tahu. Bilang Tesla enggak pakai nikel, ini kan kebohongan publik. Tesla itu pakai nikel pak,” ujar Gibran.

Sebagai informasi, LFP merupakan salah satu teknologi baterai kendaraan listrik yang tidak menggunakan nikel. LFP dinilai sebagai salah satu baterai paling aman secara kimia, dengan ketahanan termal lebih dari 480°C.

Baterai LFP memiliki densitas energi yang lebih rendah dan murah untuk diproduksi, dibandingkan baterai lithium-ion yang menggunakan nikel sehingga dapat menyimpan energi lebih besar. Bahkan baterai berbasis nikel ini dapat mencapai jarak yang lebih jauh dibandingkan baterai LFP. Ini menjadi salah satu kelemahan baterai LFP.

Produsen terbesar baterai berteknologi ini yaitu perusahaan Cina seperti Contemporary Amperex Technology Co., Limited (CATL), China Aviation Lithium Battery Co., Ltd (CALB), dan Lishen Battery.

Apakah Tesla Masih Pakai Nikel untuk Mobil Listrik?

Melansir The Korea Economic Daily, produsen mobil listrik kenamaan dunia, Tesla sudah mulai tertarik untuk memasang baterai LPF ke semua mobil milik mereka. Hal berdasarkan informasi dari media asal Korea Selatan tersebut yang ditulis pada Oktober 2021 lalu.

Ketertarikan Tesla akan LFP ini memang bukan sekedar seruan belaka. Terbukti, saat ini kendaraan listrik produksi Tesla sudah memiliki variasi, tidak hanya berasal dari baterai berbahan nikel namun juga dari LFP.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...