BUMI Jadi Produsen Batu Bara dengan Porsi EBT Tertinggi, Capai 69%

Happy Fajrian
1 Februari 2024, 10:00
bumi resources, BUMI, ebt, energi baru terbarukan, batu bara
http://bumiresources.com/
Tambang batu bara milik BUMI Resources.
Button AI Summarize

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mencatatkan posisi teratas dalam pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) di antara perusahaan tambang di Indonesia, yakni mencapai 69% dari total konsumsi listriknya.

Analis ESG Bloomberg Intelligence Michelle Young, menjelaskan bahwa dari berbagai produsen batu bara yang mereka ulas pada 2022, baru 30% yang mengadopsi energi terbarukan. Selain BUMI, produsen batu bara Indonesia yang paling menonjol dalam pemanfaatan EBT yaitu PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dengan 64%.

Terkait upaya BUMI mendukung transisi energi dan net zero emission, Direktur BUMI Dileep Srivastava menyampaikan bahwa pihaknya mengimplementasikan komitmen pemanfaatan energi baru terbarukan melalui berbagai skema.

Seperti elektrifikasi armada pada unit-unit usaha, mendorong penggunaan biodiesel sebagai bahan bakar yang lebih ramah lingkungan, serta pemanfaatan energi angin, surya, juga biomassa pada area bekas tambang di daerah terpencil.

BUMI berharap dapat mencapai net zero emission pada 2050-2060, serta mendorong penerapan strategi dekarbonisasi pada 2030.

“Untuk semua proyek baru kami, dekarbonisasi akan menjadi bagian dari blueprint strategi kami. Bahkan ketika kami membicarakan feasibility, kami juga membicarakan dekarbonisasi pada saat yang sama,” kata Dileep melalui keterangan tertulis, dikutip Kamis (1/2).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...