Mengulik Lagi Janji Prabowo-Gibran di Sektor Energi, Mimpi Swasembada

Happy Fajrian
15 Februari 2024, 16:17
swasembada energi, prabowo-gibran, pilpres 2024
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/Spt.
Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menyampaikan pidato saat menghadiri acara pemantauan hasil hitung cepat atau quick count di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (14/2/2024).
Button AI Summarize

Hasil hitung cepat Pilpres 2024 dari berbagai lembaga menunjukkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memimpin dengan perolehan suara sekitar 58%. Jika terpilih, ada sederet janji paslon ini di sektor energi.

Salah satu janji Prabowo-Gibran jika terpilih sebagai pemimpin baru Indonesia adalah mencapai swasembada pangan, energi, dan air. Prabowo mengatakan bahwa swasembada energi, khususnya BBM, dapat dicapai melalui pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT).

Prabowo berencana untuk mendorong pemanfaatan biodiesel, bahan bakar nabati yang berbasis minyak kelapa sawit, hal ini mengingat Indonesia sebagai salah satu negara produsen utama kelapa sawit dunia.

“Swasembada BBM dari energi terbarukan, dari mana? Kita sekarang produsen kelapa sawit terbesar di dunia. Produksi kita sekitar 25 juta ton, kebutuhan untuk minyak goreng 6-7 juta ton, sisanya bisa kita pakai untuk biosolar,” kata Prabowo medio Oktober 2023.

Menurutnya, bahan bakar yang diproduksi dari tanaman tidak akan menyebabkan polusi udara dari hasil pembakarannya. Selain biodiesel, Prabowo juga akan mendorong bahan bakar nabati lainnya, yakni bioetanol sebagai bahan campuran bensin.

Saat ini pemerintah sudah mengimplementasikan penggunaan bioetanol 5% atau E5 sebagai bahan campuran bensin Pertamax. Untuk mendukung produksi bahan baku pembuatan bioetanol, Prabowo berjanji untuk mengenjot penanaman tebu.

“Ternyata kita bisa bikin bensin Pertamak dan sebagainya dari etanol. Etanol bisa kita dapat dari mana? Dari tebu, dan rencana kita, kita akan tanam tebu dalam skala besar,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...