Emisi Karbon Sektor Energi Global Cetak Rekor, Capai 37 Miliar Ton

Happy Fajrian
1 Maret 2024, 16:19
emisi karbon, sektor energi,
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/Spt.
Nelayan mencari kerang di sekitar PLTU Cirebon, Jawa Barat, Jumat (8/12/2023).
Button AI Summarize

Laporan Badan Energi Internasional (IEA) menunjukkan bahwa emisi karbon sektor energi global mencapai rekor tertinggi baru pada 2023.

IEA mengatakan peningkatan ini sebagian besar didorong oleh peningkatan penggunaan bahan bakar fosil di negara-negara yang mengalami kekeringan sehingga menghambat output pembangkit listrik tenaga air.

IEA menegaskan bahwa pengurangan besar-besaran emisi CO2, terutama dari pembakaran bahan bakar fosul dibutuhkan di tahun-tahun mendatang jika dunia ingin mencapai target untuk membatasi kenaikan suhu global dan mencegah perubahan iklim yang tidak terkendali.

“Jauh dari penurunan yang cepat, seperti yang diwajibkan untuk memenuhi tujuan iklim global yang ditetapkan dalam Perjanjian Paris, emisi CO2 mencapai rekor tertinggi baru,” kata IEA dalam laporannya seperti dikutip Reuters, Jumat (1/3).

Menurut analisis IEA, emisi global dari sektor energi meningkat sebesar 410 juta ton, atau 1,1%, pada tahun 2023 menjadi 37,4 miliar ton. Ekspansi global pada teknologi ramah lingkungan seperti kendaraan bertenaga angin, tenaga surya, dan listrik membantu membatasi pertumbuhan emisi sebesar 1,3% pada 2022.

“Namun dibukanya kembali perekonomian Cina, peningkatan penggunaan bahan bakar fosil di negara-negara dengan produksi pembangkit listrik tenaga air yang rendah, dan pemulihan sektor penerbangan sektor ini menyebabkan kenaikan secara keseluruhan,” kata IEA dalam laporannya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...