ESDM Dorong Pertamina Eksploitasi Migas Lapangan Zulu Blok ONWJ

Mela Syaharani
14 Maret 2024, 14:32
blok onwj, pertamina, produksi migas
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Produksi hulu migas berlangsung di Anjungan Central Plant dan Anjungan Bravo Flow Station Pertamina Hulu Energi (PHE) Offshore North West Java (ONWJ), lepas pantai utara Subang, Laut Jawa, Jawa Barat, Senin (3/4/2023).
Button AI Summarize

Kementerian ESDM tengah mencoba melihat lebih jauh terhadap salah satu lapangan di tengah laut yang berpotensi mengandung minyak. Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan lapangan tersebut terletak di blok ONWJ (Offshore North West Java).

“Ada satu lapangan yang sedang kami coba scope, lebih dalam. Letaknya di laut yang dikelola ONWJ, itu besar. Lapangan Zulu namanya. Tapi itu lapangannya heavy oil (minyak berat), jadi saya sarankan Pertamina eksploitasi itu. Zulu itu sangat besar,” kata Tutuka saat ditemui di Kementerian ESDM pada Kamis (14/3).

Lebih lanjut Tutuka juga menyebutkan jumlah potensi sumber daya yang dapat dikelola. “Volumenya bisa 800 juta hingga 1 miliar untuk sumber dayanya dan itu bisa dikelola,” ujarnya.

Adanya potensi lapangan minyak ini, Tutuka menyebut akan terus mengupayakan meskipun lokasinya berada di laut. “Kalau heavy oil maka membutuhkan peralatan besar. Jadi harus ada teknologi lain, misalnya dengan surfaktan untuk mengencerkan. Jadi kami mendorong Pertamina eksploitasi,” ucapnya.

Tutuka menyampaikan dorongan eksploitasi ini dilakukan dalam rangka untuk bisa menambah jumlah produksi minyak Indonesia yang trennya terus menurun dalam beberapa tahun terakhir.

Keadaan penurunan ini terjadi ditengah perjalanan menuju 2030 saat Indonesia memiliki target produksi minyak mencapai satu juta barel per hari (bph). Namun, saat ini menurut laman resmi Kementerian ESDM produksi minyak Indonesia berada di angka 573.000 bph.

“Sekarang hanya menahan decline (penurunan produksi). Kalau tidak ada penemuan baru memang tidak bisa naik. Jadi harus ada penemuan lapangan minyak baru. Tapi lapangan baru yang kita temukan kebanyakan gas jadi agak sulit,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...